Bahlil Bakal 'Sulap' Buton Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Aspal

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Selasa, 30/03/2021 20:30 WIB
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia akan menyulap Kabupaten Buton, Sultra, menjadi kawasan ekonomi khusus aspal. Kepala BKPM Bahlil Lahadalia akan menyulap Kabupaten Buton, Sultra, menjadi kawasan ekonomi khusus aspal. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menuturkan Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, akan disulap menjadi kawasan ekonomi khusus aspal.

"Kita ingin Kabupaten Buton menjadi kawasan ekonomi khusus aspal," ujarnya di Kendari, mengutip Antara, Selasa (30/3).

Perubahan status kawasan ini, Bahlil mengaku telah menyampaikan hal tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).


"Prosesnya sekarang sudah berjalan. Saya sudah laporkan ke tingkat menko dan juga ke tingkat presiden. Sekarang, tahapannya persiapan administrasi berjalan," terang dia.

Ke depan, ia menjelaskan semua hasil produksi aspal Buton akan dibeli oleh negara. Hal ini dikarenakan aspal Buton dikenal berkualitas internasional dan bisa menjadi komoditas ekspor.

"Berapapun produksinya akan diambil (dibeli oleh negara) karena kenapa? Karena kita masih impor 1,2 juta ton aspal per tahun," imbuh dia.

"Jadi, kenapa kita dorong investasi masuk di Sulawesi Tenggara? Ini dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional kita, khususnya Sulawesi Tenggara dan penciptaan lapangan pekerjaan," tuturnya.

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi menyebut saat ini beberapa pabrik aspal sudah jadi di Buton dan siap berproduksi.

"Sudah ada beberapa pabrik aspal yang sudah jadi. Tinggal sekarang kita produksi. Kemarin, kapasitas produksi 1.000 kilometer, tambah lagi 648 kilometer se-Sulawesi," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(bir/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK