Mau Liburan ke Gili? Catat Ini Budget Hemat & Nyaman

Advertorial | CNN Indonesia
Rabu, 31 Mar 2021 00:00 WIB
Selain Bali, Lombok jadi destinasi favorit bagi wisatawan untuk berlibur, baik wisatawan asing maupun domestik. Foto: shutterstock
Jakarta, CNN Indonesia --

Selain Bali, Lombok jadi destinasi favorit bagi wisatawan untuk berlibur, baik wisatawan asing maupun domestik. Sebab, Lombok memiliki tiga Gili yang terkenal akan keeksotisannya, yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

Masing-masing menawarkan keindahan tak terkira, dengan beragam aktivitas liburan seru yang berbeda-beda, tinggal pilih mana yang paling pas dengan selera kamu dan keluarga. Namun, banyak yang bilang jalan-jalan ke Lombok bikin kantong jebol. Padahal, hal tersebut sudah nggak zaman lagi lho, karena sekarang sedang tren liburan hemat tetapi bisa tetap nyaman.

Nah, supaya memudahkan kamu saat liburan di Gili nanti, berikut sudah disiapkan rangkuman budget yang dibutuhkan. Rincian ini adalah untuk liburan di Gili selama 5 hari.


Cari Tiket Pesawat Murah

Salah satu budget paling besar dan cukup menguras, yaitu biaya transportasi, khususnya tiket pesawat. Untuk menghemat biaya ini, kamu harus jeli mencari peluang. Nggak perlu beli dari jauh-jauh hari. Cukup rajin cek promo dan harga tiket pesawat di aplikasi online, seperti Traveloka. Liburan bisa jadi lebih hemat!

Beli tiket di Traveloka, kamu bisa pilih maskapai penerbangan dengan harga tiket termurah lewat filter pada pencarian. Sebagai contoh, maskapai yang dipilih adalah AirAsia maka biaya tiket pesawat yang diperlukan untuk pergi dan pulang dari Gili Lombok yaitu sekitar Rp 1,068 juta.

adv

Foto: shutterstock

Pesan Hotel atau Penginapan

Hotel nggak perlu mahal, asalkan bersih dan nyaman. Sebab, fungsi utama hotel adalah sebagai tempat istirahat saat malam, sebelum kembali beraktivitas esok hari. Kamu bisa memesan hotel yang dekat dengan tempat wisata, baik di Gili Trawangan, Gili Meno, maupun Gili Air.

Namun, disarankan pilih yang di Gili Trawangan karena di sana memiliki pilihan hotel atau penginapan yang lebih banyak dengan kamar yang nyaman. Harganya juga cukup murah mulai dari Rp 100 ribuan. Jika menginap selama 5 hari 4 malam maka total akomodasi untuk hotel yaitu sekitar RP 409.912.

adv

Foto: shutterstock

Pilihan Warung Makan dan Restoran

Jika kamu niatnya untuk traveling ngirit, warung makan lokal bisa dijadikan pilihan. Salah satunya adalah Warung Dewi yang terkenal dengan makanannya yang enak dan murah. Warung sederhana ini terletak di belakang Pasar Tradisional Gili Trawangan. Kamu bisa memesan nasi dengan deretan lauk lezat dengan total harga Rp 30 ribu saja. Di sini juga menyediakan ayam taliwang khas Lombok, lho.

Namun, apabila kamu ingin menu makanan yang lebih fancy maka bisa mengunjungi Honesty. Restoran ini menyajikan berbagai menu lezat dengan es krim yang jadi andalannya. Kisaran harganya yaitu Rp 30-70 ribu per orang. Ada pula Hello Capitano yang menyediakan deretan menu makanan sehat karena bebas gluten, dan cocok bagi kamu yang vegetarian. Info restoran bisa kamu akses pada menu Eats di Traveloka.

adv

Foto: shutterstock

Aktivitas Liburan Seru di Gili Lombok

Pergi ke Gili Lombok belum lengkap jika tidak berwisata bahari, misalnya dengan melakukan aktivitas scuba diving atau snorkeling untuk melihat keindahan pemandangan bawah laut. Supaya lebih hemat dan praktis, kamu bisa memesan paket tour 1 hari mengunjungi 3 pulau atau gili terkenal sekaligus snorkeling. Kamu bisa memesannya di Traveloka seharga Rp 680 ribu. Sepanjang hari, kamu tidak hanya bisa menikmati terumbu karang warna-warni, tapi juga mengunjungi Teluk Nare dan menikmati pemandangan di Bukti Melaka.

Selanjutnya, di hari kedua kamu bisa berkeliling pulau menggunakan sepeda untuk melihat suasana daratan pulau Gili Trawangan. Sambil berkeliling, kamu juga dapat mengenal dan melihat keseharian dari penduduk lokal setempat. Lalu, jadikan liburan semakin menyenangkan dengan ragam olahraga air seperti banana boat. Tiket wisata watersport ini bisa dipesan melalui Traveloka mulai dari Rp 200 ribu.

Hari ketiga bisa diawali dengan kegiatan menunggangi kuda, menyusuri pinggiran pantai. Angin sepoi-sepoi ditambah suara deburan ombak bikin suasana jadi semakin menyenangkan. Untuk bisa merasakan sensasi ini, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 350 ribu per jam. Selagi berada di pulau yang super cantik, jangan lupa untuk menikmati pemandangan sunset-nya!

Gili Lombok tidak hanya menawarkan kegiatan underwater saja. Bagi kamu pecinta olahraga yoga, bisa mencoba yoga di Gili Trawangan, lho. Kemudian, kamu bisa merasakan sensasi syahdu suasana Open Air Movie atau menonton film di udara terbuka. Adapun biaya untuk menikmati aktivitas ini yaitu sekitar Rp 100 ribu.

Di Gili Trawangan juga terdapat area konservatif penyu, tepatnya di dekat dengan pelabuhan Gili Trawangan. Untuk dapat memasuki area konservatif penyu, kamu diharuskan untuk membayar tiket masuk dengan kisaran harga Rp 50 ribu per orang.

adv

Foto: shutterstock

Transportasi di Gili Trawangan

Bagi kamu yang ingin berkeliling mengitari pulau Gili Trawangan bisa menggunakan sepeda atau Cidomo. Cidomo merupakan sejenis andong atau dokar yang banyak ditemui di Lombok, khususnya Gili Trawangan.

Namun, untuk menuju Gili Trawangan dari Bandara Internasional Lombok Praya bisa ditempuh dengan dua pilihan transportasi, yaitu travel dan sewa mobil. Untuk tarif penyewaan mobil mulai dari Rp 350 ribu per sekali jalan. Selanjutnya, perjalanan bisa diteruskan menggunakan fast boat. Untuk tarifnya sekitar Rp 85 ribu per penumpang.

Rekomendasi Oleh-Oleh

Liburan rasanya kurang lengkap apabila tidak membawa pulang oleh-oleh untuk teman dan keluarga. Kamu bisa membeli kerajinan dari penduduk lokal di kepulauan Gili Lombok, seperti kerajinan anyaman tas dan ukiran kayu.

Atau, kamu bisa mengunjungi kota lain untuk membeli oleh-oleh, misalnya di Pasar Seni di wilayah Sayang-sayang, Kota Mataram. Di tempat ini, wisatawan bisa membeli aneka kerajinan khas daerah Lombok, seperti kain tenun, anyaman rotan, dan kerajinan kayu dengan keunikan berupa cukli atau hiasan yang terbuat dari kulit kerang mutiara. Ada pula Pasar Cakranegara, yang terletak di daerah Cakranegara yang menjadi salah satu kota utama di Lombok. Di pasar ini, kamu bisa menemukan ragam jajanan khas Lombok, seperti dodol, kaliadem, dan jajanan mako dengan harga murah, yakni mulai dari Rp 500.

Itulah tadi rincian budget liburan di Gili Lombok. Buat yang masih khawatir akan biaya liburan, jangan cemas! Sebab ada fitur PayLater dari Traveloka. Fitur ini memudahkan kamu untuk membeli tiket pesawat, pesan hotel dan lain-lain tanpa bayar dahulu.

Untuk dapat menggunakan PayLater, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Nantinya, kamu akan mendapatkan limit dengan jumlah mencapai Rp 50 juta. Lalu, untuk membeli produk Traveloka dengan PayLater, cukup pilih opsi PayLater pada halaman pembayaran. Kemudian, tentukan kamu akan membayar secara penuh 1 bulan kemudian atau membayar dengan cicilan. Selanjutnya, kode verifikasi akan dikirikan ke nomor ponsel kamu. Cek kembali detail pembelian, dan ketik lanjutkan. Transaksi kamu pun selesai. #JujurGunaBanget. Jadi, sudah siap liburan?

Informasi lebih lanjut, kunjungi laman ini.

(adv/adv)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER