Ridwan Kamil Perintahkan Ibu-ibu Bela Negara dengan Belanja

CNN Indonesia | Sabtu, 03/04/2021 15:44 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memerintahkan warganya ikut membela negara dengan cara berbelanja agar membantu perekonomian di masa pandemi Covid-19. Gubernur Jabar Ridwan Kamil memerintahkan warganya ikut membela negara dengan cara berbelanja agar membantu perekonomian di masa pandemi Covid-19. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memerintahkan warganya, terlebih mereka yang memiliki cukup harta untuk ikut membela negara dengan cara berbelanja. Menurutnya, hal itu akan mendorong perekonomian di masa pandemi Covid-19.

"Anda yang punya harta, belanjalah karena belanja hari ini adalah bela negara," kata pria yang akrab disapa Emil dalam Pembukaan UKM Jabar Paten, Sabtu (3/4).

Ia menyatakan dunia termasuk Indonesia saat ini sedang berjuang memerangi pandemi covid-19. Kali ini, masyarakat melawan musuh yang tak terlihat.


"Kalau dulu lawan penjajah, sekarang lawan penyakit, karena ini perang maka harus bela negara. Dulu dengan senjata, sekarang bela profesi dengan profesi," ucap Emil.

Ia mengatakan para tenaga kesehatan membela negara dengan menjadi garda terdepan mengobati masyarakat yang terpapar Covid-19. Kemudian, Emil juga meminta masyarakat yang memiliki ilmu untuk membela negara dengan ilmunya.

"Lalu Anda yang punya tenaga jadilah relawan kemanusiaan, relawan yang luar biasa," imbuhnya.

Ia juga meminta ibu-ibu di Jawa Barat untuk memaksimalkan belanja. Hal ini agar konsumsi masyarakat dan penjualan UMKM semakin meningkat di masa pandemi.

"Saya perintahkan pada ibu-ibu se-Jawa Barat tolong belanjanya dimaksimalkan. Kalau ada suami protes bilang diperintah Gubernur Jawa Barat," kata Emil.

Kang Emil menambahkan bahwa Jawa Barat bisa menjadi tempat wisata yang menarik saat ini. Terlebih, ada 400 air terjun yang menjadi objek wisata.

"Di Jawa Barat ada 400 air terjun, punya kuliner yang setiap bulan ada inovasi baru. Tempat-tempat indah untuk sepeda, berwisatalah dengan post covid attitude yaitu jaga jarak," pungkas Emil.

(aud/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK