Menparekraf Ungkap Sektor Industri yang Bertahan saat Pandemi

CNNIndonesia, CNN Indonesia | Senin, 05/04/2021 19:20 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut terdapat 17 subsektor ekonomi kreatif yang mampu beradaptasi di tengah pandemi bahkan melesat. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut terdapat 17 subsektor ekonomi kreatif yang mampu beradaptasi di tengah pandemi bahkan melesat. (Foto: Arsip Menparekraf)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut ada sejumlah industri yang mampu bertahan di tengah pandemi.

Menurutnya, terdapat 17 subsektor ekonomi kreatif yang memang mampu beradaptasi di tengah pandemi, bahkan melesat.

Di antaranya, pengembangan permainan, arsitektur, desain interior, musik, seni rupa, desain produk, fashion, kuliner, film animasi dan video, fotografi, DKV, tv radio, kriya, periklanan, pertunjukan, penerbitan, aplikasi.


"Ada sebagian dari teman-teman e-commerce maupun gaming, aplikasi, dan tiga sektor utama seperti fashion, kuliner, dan kriya," ujar Sandi dalam konferensi pers Creativepreneur Conference 2021 yang digelar secara daring, Senin (5/4).

Sandi mengatakan, sektor tersebut didukung dengan digitalisasi sehingga mendorong adaptasi dan transformasi sektor ekonomi kreatif.

"Kalau kita lihat sektor fashion menyumbang 18 persen hampir Rp200 triliun, kuliner 42 persen Rp445 triliun, kriya 15 persen Rp166 triliun, dan ini ditopang oleh digitalisasi," ujarnya.

Lebih lanjut, kegiatan Creativepreneur yang diselenggarakan saat masa pandemi virus corona ini menurut Sandi dapat menghasilkan terobosan baru bagi anak-anak muda.

"Kita punya semangat baru yaitu bangga buatan Indonesia (BBI) sekarang kita harapkan, bukan hanya mengonsumsi tapi juga seperti teman-teman di ekonomi kreatif ini menjadi jawara, pandemic winner, juga setelah pengembangan yaitu pasca pandemi," tutur Sandi.

Dalam kesempatan yang sama, Entrepreneur dan CEO Creative Experience Office CT Corp Putri Tanjung berharap event kali ini dapat mencetus inovasi-inovasi baru di tengah kesulitan ekonomi yang tengah dihadapi saat ini.

"Insya Allah bisa menginspirasi lebih banyak lagi pelaku industri kreatif untuk semakin inovatif dan semoga menginspirasi anak-anak muda untuk ikutan terjun ke industri kreatif," ujar Putri.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK