Ekonomi Singapura Tumbuh 0,2 Persen pada Kuartal I 2021

CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 12:07 WIB
Ekonomi Singapura berhasil tumbuh 0,2 persen pada kuartal I 2021 berkat kinerja sektor manufaktur yang kuat. Ekonomi Singapura berhasil tumbuh 0,2 persen pada kuartal I 2021 berkat kinerja sektor manufaktur yang kuat. Ilustrasi. (CNN Indonesia/M. Andika Putra).
Jakarta, CNN Indonesia --

Ekonomi Singapura berhasil tumbuh positif pada kuartal I 2021. Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura mencatat laju ekonomi 0,2 persen (year-on-year) pada periode Januari-Maret 2021 atau berbanding terbalik dari kuartal I 2020 yang minus 0,7 persen.

Kinerja itu terbilang mengejutkan mengingat survei Reuters sebelumnya menaksir pertumbuhan ekonomi masih minus 0,2 persen pada tiga bulan pertama tahun ini.

Berdasarkan data yang dilaporkan pada Selasa (13/4), secara kuartalan, Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Singapura tumbuh 2 persen.


Mengutip Reuters, Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura menilai laju positif pada kuartal I 2021 berkat aktivitas manufaktur yang kuat.

Saat ini, Singapura tengah berupaya pulih dari resesi terburuknya yang terjadi tahun lalu karena pandemi. Salah satunya dengan mengendalikan penyebaran lokal covid-19 dan menggelar vaksinasi.

Namun demikian, analis menilai kunci pertumbuhan ekonomi Singapura bergantung pada permintaan eksternal dan pembukaan kembali perbatasan internasional.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK