Tol Serang-Rangkasbitung Dibuka Fungsional Lebaran Tahun Ini

CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 20:43 WIB
WIKA menyebut tol serang-panimbang seksi I Serang-Rangkasbitung akan dibuka fungsional pada Lebaran tahun ini. WIKA menyebut tol serang-panimbang seksi I Serang-Rangkasbitung akan dibuka fungsional pada Lebaran tahun ini. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk alias WIKA mengatakan jalan tol Serang-Panimbang Seksi I Serang-Rangkasbitung akan dibuka secara fungsional pada momen Lebaran tahun ini. Saat ini, masih terdapat proses pekerjaan minor di ruas tol tersebut.

"Akan mulai fungsional pada Lebaran tahun ini, belum operasional karena masih terdapat beberapa pekerjaan minor," ujar Direktur Utama Wijaya Karya Agung Budi Waskito dalam Webinar bertajuk Mengukur Infrastruktur, Rabu (14/4).

Agung menargetkan proses pekerjaan minor di Tol Serang-Rangkasbitung akan selesai pada Mei 2021. Dengan demikian, tol tersebut bisa beroperasi pada Juni 2021.


Menurut Agung, tol Serang-Panimbang terdiri dari tiga seksi. Rinciannya, Seksi I Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 km, Seksi II Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,17 km, dan Seksi III Cileles-Panimbang sepanjang 33 km.

"Untuk Seksi II dan III baru dimulai konstruksinya, kurang lebih akan selesai dan operasional dua tahun lagi," ucap Agung.

Secara keseluruhan, Tol Serang-Panimbang memiliki panjang 83,67 km. Tol bernilai investasi Rp5,33 triliun itu dikerjakan dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan proyek Tol Serang-Panimbang menjadi upaya pemerintah dalam membangun infrastruktur di Banten.

Menurut Luhut, pengembangan konektivitas jalan Tol Serang-Panimbang bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas Banten Selatan dan mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

KEK itu akan fokus pada sektor manufaktur, perdagangan, logistik, pemukiman, dan jasa.

[Gambas:Video CNN]



(aud/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK