Gelar Festival dan Kompetisi, BRI Ajak Pekerja Peduli Isu ESG

BRI, CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 18:20 WIB
BRI mengadakan beragam kegiatan untuk mengajak 124 ribu pekerja di seluruh Indonesia terlibat dalam praktik environmental, social, and governance (ESG). BRI mengadakan beragam kegiatan untuk mengajak 124 ribu pekerja di seluruh Indonesia terlibat dalam praktik environmental, social, and governance (ESG). (Foto: Arsip Bank BRI)
Jakarta, CNN Indonesia --

BRI terus berupaya menerapkan praktik environmental, social, and governance (ESG) atau peduli lingkungan, sosial, dan tata kelola di seluruh aktivitas bisnisnya, tak terkecuali pada seluruh pekerja BRI yang berjumlah sekitar 124 ribu orang di seluruh Indonesia.

Konsistensi tersebut terlihat dari Sustainability Report BRI 2021, di mana BRI memiliki tiga cara untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen pekerjanya terhadap praktik ESG. Pertama, melalui gelaran Sustainable Finance Award yang diberikan kepada pekerja yang paling inovatif serta mampu menciptakan dan melaksanakan kegiatan terkait.

Kedua, adalah festival governance, risk, and compliance secara periodik sebagai bagian dari transformasi kultur sedang terjadi. Dan ketiga, BRI secara aktif menggelar pendidikan daring melalui aplikasi BRISMART demi meningkatkan kesadaran pekerja mengenai masalah dan risiko ESG. Pendidikan itu mencakup materi strategi anti fraud, anti pencucian uang dan pendanaan terorisme, hingga tata kelola teknologi informasi dan keamanan data.


Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menjelaskan, upaya-upaya tersebut merupakan bentuk komitmen perusahaan sebagai first mover on sustainable banking di Indonesia.

"Pengembangan kompetensi staf pada pemahaman kebijakan serta prosedur sosial dan lingkungan, serta penerapannya dalam setiap kegiatan usaha yang dijalankan BRI merupakan salah satu faktor kunci dalam implementasi strategi keberlanjutan (sustainability) BRI," ujarnya.

Kerja keras itu pun berbuah manis. Sepanjang 2020, BRI mendapat 17 penghargaan dari dalam dan luar negeri karena dinilai berhasil menjaga komitmen penerapan kerja berbasis prinsip ESG, juga bahwa BRI mampu menjalankan peran sebagai lembaga keuangan yang bertanggung jawab membentuk ekosistem keuangan berkelanjutan bagi masyarakat.

Beberapa apresiasi yang diterima pada tahun lalu terkait penerapan nilai-nilai ESG, antara lain penghargaan sebagai Best Issuer for Sustainable Finance dan Best Sustainability Bond dari The Asset Hongkong, serta penghargaan Innovative Company For Embracing Start-up Collaboration For Digital Ecosystem dari Digital Innovation Award 2020.

Selain itu, BRI masuk daftar Top 1000 World Banks: BRI ranked 1st in Indonesia rilisan The Banker. Perusahaan juga menerima penghargaan sebagai BUMN dengan Penerapan GCG Terbaik dari BUMN Track, dan Keterbukaan ESG Emiten Sektor Perbankan Terbaik, serta Keterbukaan ESG Bank Kategori Buku IV Terbaik dari Beritasatu.

Di penghujung 2020, BRI kembali mendapat penghargaan sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik (Bank BUKU 3 & 4) dan Bank Pengelola Kas Titipan Terbaik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) dari Bank Indonesia, serta masuk dalam daftar Forbes Best of The Best 50 High Performing Public Listed Company yang diterbitkan Forbes Indonesia.

(rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK