Bersama Kemenkes, LOKET Layani Daftar Daring Vaksinasi Covid

Gojek, CNN Indonesia | Kamis, 15/04/2021 15:47 WIB
Gojek melalui LOKET membuka pendaftaran daring vaksinasi Covid-19, di mana organisasi dan perusahaan swasta dapat mengadakan event vaksinasi mandiri. Gojek melalui LOKET membuka pendaftaran daring vaksinasi Covid-19, di mana organisasi dan perusahaan swasta dapat mengadakan event vaksinasi mandiri. (Foto: Arsip LOKET)
Jakarta, CNN Indonesia --

LOKET yang merupakan bagian dari Gojek menjadi satu-satunya perusahaan teknologi manajemen event yang menjalin kemitraan dengan Kementerian Kesehatan RI untuk mendukung pelaksanaan registrasi dan penjadwalan daring vaksinasi nasional.

Hingga saat ini LOKET telah melayani registrasi dan penjadwalan daring di lebih dari 100 titik vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Barat serta mengakomodir lebih dari 100 ribu pendaftar vaksinasi. Semua lokasi dapat dilihat dan diakses dengan mudah melalui website khusus LOKET di https://s.id/TitikVaksinasiLOKET.

Kolaborasi ini sekaligus menjadi inisiatif lanjutan ekosistem Gojek dalam mendukung upaya penanganan pandemi Covid-19 melalui program vaksinasi. Sebelumnya, Gojek juga telah melakukan sosialisasi dan edukasi melalui layanan GoMed, kuis kesiapan vaksinasi bagi pengguna aplikasi Gojek, hingga menggelar vaksinasi di Kemayoran, Cengkareng, Bogor, Surabaya, Yogyakarta, Medan bersama Halodoc yang diterima oleh mitra pengemudi lansia dan masyarakat umum secara bertahap.


Head of LOKET Tubagus Utama berharap kerja sama yang dimulai sejak 8 Maret 2021 itu dapat meningkatkan efektivitas dan mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

"Suatu kebanggaan bagi LOKET dapat terpilih sebagai mitra resmi Kemenkes RI dalam pengaturan sistem penjadwalan kedatangan peserta vaksinasi melalui registrasi dan penjadwalan secara daring di laman https://vaksin.loket.com. Diharapkan, kerja sama ini dapat membantu upaya pemerintah dalam memperlancar proses antrian para peserta vaksinasi," kata Bagus, panggilan Tubagus Utama.

GojekCara mendaftar daring vaksinasi Covid-19 melalui LOKET. (Foto: Arsip Gojek)

Masyarakat yang hendak mendaftar vaksinasi melalui LOKET hanya perlu mengunjungi situs ini. Calon pendaftar kemudian diminta memilih lokasi vaksinasi, tanggal, serta jam kedatangan, mengisi data diri, dan menunggu e-voucher yang akan dikirimkan melalui email dan WhatsApp.

Di hari dan tanggal yang tercantum sesuai konfirmasi LOKET, penerima vaksin diminta tak lupa membawa e-voucher dan KTP ke lokasi vaksinasi. Setelah melakukan registrasi untuk pengecekan pendaftaran, penerima vaksin akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan screening. Apabila lolos tahap itu, baru vaksin diberikan. Penerima vaksin lalu diminta menunggu untuk observasi selama 30 menit.

GojekTata laksana proses vaksinasi Covid-19 dengan pendaftaran daring melalui LOKET. (Foto: Arsip Gojek)

Dalam kerja sama ini, LOKET tak hanya berperan dalam proses registrasi dan sistem penjadwalan vaksinasi. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengedukasi dan mensosialisasikan informasi terkait vaksinasi sesuai acuan dari Kemenkes melalui platform serta media sosial LOKET.

LOKET juga akan memberi pelatihan penggunaan platform LOKET kepada penyelenggara program vaksinasi, dan memberi laporan mengenai penjadwalan melalui platform kepada Kemenkes.

Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi pun menyampaikan apresiasi atas keterlibatan LOKET dalam penyelenggaraan program vaksinasi. Ia menekankan bahwa keberhasilan vaksinasi Indonesia membutuhkan kolaborasi seluruh komponen bangsa.

"Pelaksanaan vaksinasi program Covid-19 memerlukan adanya gerakan bersama yang melibatkan seluruh komponen bangsa. Melalui kerja sama strategis ini, Kementerian Kesehatan RI dan LOKET bersama-sama mengambil peran dalam mewujudkan kesuksesan pelaksanaan vaksinasi nasional. Kami berharap solusi teknologi yang ditawarkan LOKET akan mempermudah proses registrasi penjadwalan vaksin dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program vaksinasi," ujar Oscar.

Buat Sendiri Event Vaksinasi Mandiri

Di LOKET, organisasi dan perusahaan swasta pun dapat mengadakan event vaksinasi mandiri. Gojek dan LOKET merancang hal itu demi mempercepat program nasional tersebut.

Untuk menyelenggarakan event vaksinasi mandiri, seseorang harus mengakses Loket.com dan memilih opsi 'Buat Event'. Selanjutnya, lengkapi semua data event dan pilih 'Private' untuk informasi jenis event.

Lalu buat kategori tiket berdasarkan jam yang diinginkan, serta isi syarat dan ketentuan selengkap mungkin. Terakhir, kirimkan dokumen pendukung dari Kementerian Kesehatan beserta foto lokasi vaksinasi melalui email ke [email protected] untuk menyelesaikan proses validasi.

GojekTata cara pengadaan event vaksinasi mandiri oleh perusahaan atau organisasi melalui LOKET. (Foto: Arsip Gojek)

Bagus menambahkan, kerja sama ini merupakan wujud komitmen LOKET mendukung pengadaan vaksinasi Covid-19 yang akan diberikan kepada seluruh penduduk Indonesia.

"Bersamaan dengan program vaksinasi nasional Covid-19 tahap kedua yang antara lain memprioritaskan kelompok masyarakat lansia sebagai penerima vaksin, LOKET berkomitmen untuk membantu agar proses pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dapat lebih efisien, aman, dan nyaman bagi penerima vaksin, dimulai dari sosialisasi, registrasi, hingga pendaftaran di setiap lokasi pelaksanaan vaksinasi," kata Bagus.

(rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK