Mendag Tuding Harga Pakan Biang Kerok Lonjakan Harga Ayam

CNN Indonesia | Selasa, 20/04/2021 17:40 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyebut kenaikan harga daging ayam jelang Lebaran terjadi karena harga pakan ayam naik. Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyebut kenaikan harga daging ayam jelang Lebaran terjadi karena harga pakan ayam naik.(CNN Indonesia/Safir Makki).
Surabaya, CNN Indonesia --

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyebut kenaikan harga daging ayam jelang Lebaran terjadi karena harga pakan ayam naik.

Lutfi mengatakan harga jagung dan kedelai di dunia juga sedang tinggi. Pihaknya mengaku sudah menghitung antara harga pakan dan harga ayam yang dijual di pasaran.

"Harga daging ayam itu naik karena pakannya yakni jagung hari ini tinggi sekali, jadi sangat bisa ditolerir. Jadi itu semua sudah saya hitung terkait kenaikan tersebut," kata Lutfi saat meninjau pasar Surabaya, Selasa (20/4).


Kendati demikian, Lutfi menyebut, harga daging ayam di Jatim masih jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan harga komoditas yang sama di wilayah lain Indonesia.

"Contohnya di Bandung, kemarin harga ayam itu sudah mendekati Rp40 ribu. Di sini harga masih berada di kisaran Rp36 ribu hingga Rp37 ribu. Jadi saya menganggap ini salah satu harga yang paling baik di Indonesia dan saya ucapkan selamat," tambahnya.

Ia mengatakan, secara umum stok untuk selama Ramadan di seluruh Indonesia cukup. Sehingga, membuat harga-harganya bahan pokok stabil dan terjangkau.

[Gambas:Video CNN]



(frd/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK