Mayapada Hospital Jadi Vaksinator untuk Lansia, Guru, UMKM

Mayapada Hospital, CNN Indonesia | Selasa, 20/04/2021 20:30 WIB
Mayapada Hospital ditunjuk sebagai vaksinator oleh Pakuwon Group dan Prudential Indonesia untuk vaksinasi tahap dua dengan sasaran lansia, guru, dan UMKM Mayapada Hospital ditunjuk sebagai vaksinator oleh Pakuwon Group dan Prudential Indonesia untuk vaksinasi tahap dua dari pemerintah. (Dok, Mayapada Hospital).
Jakarta, CNN Indonesia --

Mayapada Healthcare, lewat unitnya Mayapada Hospital ditunjuk sebagai vaksinator oleh Pakuwon Group dan Prudential Indonesia untuk vaksinasi tahap dua dari pemerintah. Sasaran vaksinasi ini, yakni lansia, guru, dan pelaku UMKM.

Mayapada Hospital lewat semua unitnya yaitu Mayapada Hospital Tangerang, Mayapada Hospital Jakarta Selatan, Mayapada Hospital Kuningan, dan Mayapada Hospital Bogor, siap mendukung menjadi vaksinator.

Dalam vaksinasi tahap dua ini Mayapada Hospital bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan puskesmas kecamatan setempat. Terutama dalam upaya mewujudkan layanan publik yang aman serta mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia, khususnya di wilayah DKI Jakarta.


Pakuwon Group sendiri menargetkan 1.300 lansia dan pelaku UMKM per hari. Pakuwon Group menggelar vaksinasi sejak 19 April secara serentak yang dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB. Lokasi vaksinasi digelar di Kota Kasablanka, Gandaria City Mall, dan Plaza Blok M dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Sementara itu, Prudential Indonesia akan melakukan vaksinasi di area kantor Prudential Indonesia, PRUUniversity, yang terletak di lantai 2 Mall Kota Kasablanka. Prudential Indonesia menargetkan dapat melakukan vaksinasi kepada lebih dari 45.000 orang selama periode April-Desember 2021.

Para lansia dan guru yang dapat melakukan vaksinasi harus memenuhi sejumlah syarat. Para calon penerima vaksin kategori lansia diwajibkan membawa kartu identitas, surat keterangan berdomisili di Jakarta.

Sedangkan pelaku UMKM bisa membawa kartu identitas untuk disesuaikan dalam daftar yang sudah disediakan oleh Dinas Kesehatan. Syarat utama lainnya yaitu sehat dan sedang tidak dalam pengobatan apapun.

Para calon penerima vaksinasi juga terlebih dahulu harus dilakukan pemeriksaan medis singkat melalui wawancara. Setelah itu dilanjutkan dengan
pemeriksaan fisik (tensi, denyut jantung, suhu) sebelum mendapat suntikan vaksinasi.

Setelah disuntik, para penerima vaksin akan diobservasi selama 30 menit untuk melihat efek samping atau KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Selama proses vaksin pertama dan yang kedua, diharapkan para penerima vaksin tetap menjalani protokol kesehatan 5M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas).

Mayapada HosptialMayapada Hospital sebagai vaksinator melakukan vaksinasi dengan sasaran lansia, guru, dan pelaku UMKM. (Dok. Mayapada Hosptial).

Dukung Program Vaksinasi Pemerintah

Jonathan Tahir, selaku Group CEO Mayapada Healthcare mengatakan, pihaknya senang menjadi partner yang ditunjuk pemerintah sebagai vaksinator bagi Pakuwon Group bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Dengan begitu pihaknya dapat mendukung pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi Covid-19.

"Tidak hanya berfokus pada vaksinator bagi para lansia, kami juga terbuka untuk membantu pemberian vaksinasi sesuai sasaran yang telah ditentukan pemerintah sebelumnya, baik di area DKI Jakarta maupun bantuan yang dibutuhkan untuk daerah luar Jakarta seperti Bogor dan Tangerang," katanya.

"Kami berkomitmen untuk selalu bersinergi dan membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19 baik dalam vaksinasi program pemerintah maupun vaksinasi mandiri/Gotong Royong ke depannya," tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Kota Kasablanka yang mewakili Pakuwon Group Jakarta, Lusiana. Kata dia, Pakuwon Group berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam kebijakan positif untuk masyarakat yang didasari oleh semangat tanggung jawab sosial sebagai bagian dari budaya kerja perusahaan.

"Menyadari dan memahami urgensi pemberian vaksin kepada masyarakat, kami berharap kehadiran vaksin di tiga mall dengan lokasi yang strategis (Gandaria City, Kota Kasablanka, Plaza Blok M) dapat mempermudah dan meningkatkan minat vaksin di masyarakat terutama lansia, UMKM dan pelayan publik," ujarnya.

Adapun Mayapada Healthcare sejak memasuki masa new normal, telah menjalankan berbagai langkah baru protokol kesehatan di semua unit Mayapada Hospital. Diantaranya pembatasan keluar masuk pintu utama, screening suhu tubuh dengan thermal, penyediaan hand sanitizer di beberapa titik area Mayapada Hospital, mewajibkan penggunaan masker untuk mendapatkan akses masuk serta menyiapkan table shield di area umum.

Mayapada Healthcare juga menyiapkan alur terpisah untuk drive thru pemeriksaan PCR swab dan swab test antigen demi memudahkan masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan, menyiapkan ruangan isolasi khusus yang terpisah dari area perawatan umum lainnya.

Mayapada Hospital pun juga memastikan dapat secara cepat dan akurat memisahkan pasien suspek (ODP dan PDP) dengan pasien positif Covid-19.

Selanjutnya, untuk mendukung percepatan program pencegahan Covid-19, Mayapada Healthcare sudah membuka layanan pendaftaran vaksin Covid-19 bagi para lansia yang mempunyai KTP Jakarta atau berdomisili di Jakarta. Pendaftaran bisa dilakukan lewat link khusus di website Mayapada Hospital.

(osc)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK