Investasi Uang Kripto Capai US$4,9 Miliar per 16 April

cnn, CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 14:24 WIB
Arus dana yang masuk ke uang kripto mencapai US$4,9 miliar per 16 April 2021. Arus dana yang masuk ke uang kripto mencapai US$4,9 miliar pada 16 April 2021.(iStockphoto/skodonnell).
Jakarta, CNN Indonesia --

Arus dana yang masuk ke uang kripto mencapai US$4,9 miliar per 16 April 2021. Data yang berasal dari Coinshare menunjukkan laju uang masuk sedikit meningkat dalam dua pekan pertama April 2021.

Dikutip dari Reuters, tercatat arus uang yang masuk dua minggu pertama mencapai kisaran US$400 juta hingga US$4,9 miliar. Jumlah ini 9 persen lebih tinggi dari level tertinggi uang masuk sepanjang masa yakni US$4,5 miliar dalam tiga bulan pertama 2021.

Namun, laju arus masuk ini telah berkurang jika dibandingkan lonjakan 230 persen pada kuartal IV tahun lalu. Kenaikan bitcoin juga melambat dalam dua minggu pertama April. Bitcoin tumbuh 5,7 persen walau mencapai rekor tertinggi dalam periode tersebut.


Usai mencapai rekor, bitcoin sempat jatuh hingga 18 persen dalam 6 hari. Bitcoin terakhir diperdagangkan naik 0,8 persen ke level US$56.161.

"Ada tanda-tanda kegembiraan yang berlebihan di pasar, dan koreksi tampaknya akan segera terjadi," kata Pankaj Balani, Kepala Eksekutif Delta Exchange, platform perdagangan derivatif kripto.

Arus masuk minggu lalu lebih menyebar ke aset digital lain di luar bitcoin dan ethereum.

Bitcoin masih mengalami arus masuk terbesar US$108 juta, dengan ethereum meraup US$65 juta. Tetapi investor menaruh uang ke token digital lainnya, termasuk bitcoin cash, Polkadot, Binance, dan Tezos.

Dana kelolaan (asset under management/AUM) uang kripto pun juga melonjak menjadi US$64,2 miliar. Pada kuartal pertama, AUM sektor ini mencapai US$59 miliar. Tahun lalu, aset yang dikelola untuk sektor ini mencapai US$37,6 miliar.

Grayscale masih menjadi manajer mata uang digital terbesar dengan aset US$49,5 miliar pada minggu kedua April. Sementara CoinShares, manajer aset digital terbesar kedua dan terbesar di Eropa mengawasi sekitar US$5,7 miliar dalam aset.

XRP telah menjadi aset digital paling populer dalam beberapa pekan terakhir dengan arus masuk mingguan US$33 juta, hampir menggandakan aset yang dikelola menjadi US$83 juta.

[Gambas:Video CNN]



(age/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK