10 Uang Kripto Favorit Investor di Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 18:49 WIB
Bappebti mengungkap 10 jenis aset kripto favorit investor di Indonesia. Bitcoin berada di urutan teratas. Bappebti mengungkap 10 jenis aset kripto favorit investor di Indonesia. Bitcoin berada di urutan teratas.(iStockphoto/skodonnell).
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengungkap sepuluh jenis uang kripto yang paling banyak diperdagangkan atau favorit investor di Indonesia.

Ketua Bappebti Sidharta Utama mengungkap urutan pertama ditempati oleh bitcoin dengan kapitalisasi terbesar dunia. Kemudian ada ethereum, binance coin, XRP/Ripple, dan cardano. Selain kelima nama tersebut, lima uang kripto terfavorit lainnya adalah tether/USDT, polkadot, doge coin, litecoin, dan bitcoin cash.

Kesepuluh aset kripto tersebut merupakan bagian dari 229 aset kripto yang saat ini diakui Bappebti. Meski tengah naik daun, namun Sidharta memastikan saat ini mata uang kripto belum diakui sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia, melainkan sebagai komoditi.


Aturan ini tertuang dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Aturan tersebut menjelaskan bahwa rupiah merupakan alat pembayaran yang sah di Indonesia.

Sidharta mengatakan Bursa Pasar Fisik Aset Kripto sedang disiapkan. Merujuk rincian tahapannya, saat ini persiapan masih dalam proses verifikasi dokumen persyaratan yang diajukan oleh pihak bursa kepada Bappebti. 

Dia belum dapat memastikan kapan bursa mata uang kripto akan diluncurkan di Indonesia. Pasalnya, dia masih menunggu pihak bursa untuk memenuhi persyaratan.

"Calon Bursa Pasar Fisik Aset Kripto diharapkan secepatnya dapat memenuhi persyaratan agar Bappebti dapat menerbitkan persetujuan sebagai Bursa Pasar Fisik Aset Kripto," jelasnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (21/4).

Sebagai informasi, saat ini ada 13 perusahaan pedagang aset kripto yang terdaftar di Bappebti (calon pedagang). Meliputi, PT Indodax Nasional Indonesia (INDODAX). PT Crypto Indonesia Berkat (TOKOCRYPTO), PT Zipmex Exchange Indonesia (ZIPMEX), PT Indonesia Digital Exchange (IDEX), dan PT Pintu Kemana Saja (PINTU).

Selanjutnya, PT Luno Indonesia LTD (LUNO), PT Cipta Koin Digital (KOINKU), PT Tiga Inti Utama, PT Upbit Exchange Indonesia, PT Bursa Cripto Prima, PT Rekeningku Dotcom Indonesia, dan PT Triniti Investama Berkat.

[Gambas:Video CNN]



(wel/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK