BLT Dana Desa Baru Tersalur Rp1,5 T per April 2021

CNN Indonesia | Kamis, 29/04/2021 19:24 WIB
Jokowi menyatakan BLT Dana Desa baru tersalur Rp1,5 triliun atau 32 persen dari target per April 2021. Karena itu ia minta penyaluran digenjot. BLT Dana Desa baru tersalur Rp1,5 triliun atau 32 persen dari target per April 2021. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan realisasi penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa baru sebesar Rp1,5 triliun per April 2021. Angkanya setara dengan 32 persen dari target yang disiapkan.

"Masih kecil sekali, 32 persen. Angka-angka seperti ini saya ikuti," ucap Jokowi dalam Pengarahan Presiden Republik Indonesia Kepada Kepala Daerah Se Indonesia 2021, Kamis (29/4).

Ia meminta penyalurannya bisa segera dipercepat. Pasalnya, BLT tersebut akan membantu perputaran dana di daerah.


Semakin banyak perputaran dana di daerah, maka perekonomian di wilayah setempat juga akan terdongkrak. Hal itu turut mendorong perekonomian nasional nantinya.

"Saya ingatkan kembali karena itu penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Pertumbuhan ekonomi daerah secara agregat akan jadi pertumbuhan ekonomi nasional," terang Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta agar seluruh bantuan sosial (bansos) segera direalisasikan. Ini dibutuhkan untuk dorong permintaan masyarakat.

[Gambas:Video CNN]

"Perlu didorong agar ini bisa diterima oleh masyarakat. Tersampaikan kepada masyarakat. Sehingga mereka bisa belanja. Kalau ada belanja, artinya ada permintaan. Kalau ada permintaan akan ada PE di daerah itu," jelas Jokowi.

Sebagai informasi, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp150,88 triliun untuk perlindungan sosial tahun ini. Dana tersebut menjadi bagian dari program pemulihan ekonomi nasional (PEN) 2021.

Beberapa program bansos yang digelontorkan pemerintah, antara lain Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako, Bantuan Sosial Tunai (BST), Kartu Prakerja, dan bantuan kuota internet.

(aud/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK