Beli Lamborghini Bisa Bayar Pakai Bitcoin

CNN Indonesia | Kamis, 29/04/2021 15:30 WIB
Perusahaan pedagang aset kripto Zipmex memfasilitasi pembelian mobil Lamborghini di Asia dengan mata uang kripto bitcoin. Perusahaan pedagang aset kripto Zipmex memfasilitasi pembelian mobil Lamborghini di Asia dengan mata uang kripto bitcoin. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP).
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan pedagang aset kripto, Zipmex, memfasilitasi pembelian mobil mewah Lamborghini di Asia dengan mata uang kripto bitcoin. Zipmex merupakan pedagang aset kripto yang beroperasi di empat negara, yakni Indonesia, Singapura, Thailand, dan Australia.

CEO Zipmex Marcus Lim mengatakan fasilitas pembelian Lamborghini menggunakan bitcoin pertama kali dilakukan oleh investor asal Thailand, Jo Chirawat.

Ia menggunakan aplikasi Zipmex untuk membayar uang muka dalam bentuk bitcoin kepada Huracán EVO RWD 2021 di Renazzo Motor Co. Ltd, Bangkok, Thailand.


Nantinya, sisa pembayaran pembelian Lamborghini juga akan dibayarkan dalam bentuk bitcoin.

"Ini adalah tonggak bersejarah bagi Zipmex, Renazzo Motor, dan sistem pembayaran mata uang kripto di Asia Tenggara. Merek Lamborghini tentu memiliki arti spesial dan kami sangat senang dapat memberikan kesempatan kepada pengguna kami untuk melakukan lebih banyak hal dengan mata uang kripto mereka," ujar Marcus dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (29/4).

Transaksi pembelian Lamborghini itu dilakukan melalui jaringan pembayaran uang kripto milik Zipmex, yakni ZipSpend dan Renazzo Motor.

Aplikasi itu hanya menerima pembayaran dalam bentuk uang kripto jenis bitcoin (BTC), US$ Tether (USDT), dan token Zipmex (ZMT) dengan verifikasi instan.

Selanjutnya, kurs tukar akan dikunci pada saat pembelian untuk mengurangi potensi volatilitas. Inovasi itu muncul usai produsen mobil Tesla mulai menerima pembayaran menggunakan bitcoin pada Maret lalu.

Di Indonesia, Zipmex masuk dalam daftar pedagang aset kripto yang tercatat oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), yakni PT Zipmex Exchange Indonesia.

Dari empat negara, platform Zipmex telah memfasilitasi transaksi dengan volume lebih dari US$1 miliar sejak diluncurkan pada akhir 2019.

Di Thailand, perusahaan telah membukukan pertumbuhan lima kali lipat dalam akuisisi pelanggan. Selain itu, volume transaksi dan dana kelolaan tumbuh sepuluh kali lipat sejak peluncuran pada pertengahan tahun 2020.

Di luar Thailand, Zipmex juga mengincar pasar Singapura untuk layanan pembayaran menggunakan uang kripto.

Pasalnya, Singapura dikenal karena regulasi uang kripto yang terdepan, sehingga membuka jalan bagi perusahaan seperti Zipmex untuk berkembang dan menghasilkan layanan keuangan yang lebih baik dan inovatif.

"Kami secara aktif menyambut semua mitra yang tertarik untuk menerima pembayaran kripto. Seiring dengan pertumbuhan tim, kami berencana untuk meningkatkan integrasi pedagang kami di seluruh wilayah dengan Singapura sebagai titik fokus," katanya.

Saat ini, Zipmex memiliki lebih dari 200 ribu pengguna di empat negara. Tercatat, lebih dari US$1 miliar aset kripto diperdagangkan lewat platform tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(ulf/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK