Mayapada Hospital Vaksinasi Pekerja Ritel di 5 Mal Besar DKI

Mayapada Hospital, CNN Indonesia | Senin, 03/05/2021 17:04 WIB
Mayapada Healthcare melalui Mayapada Hospital kembali ditunjuk sebagai vaksinator untuk vaksinasi pelaku UMKM dan pekerja ritel di 5 mal besar di DKI Jakarta. Mayapada Healthcare melalui Mayapada Hospital kembali ditunjuk sebagai vaksinator untuk vaksinasi pelaku UMKM dan pekerja ritel di 5 mal besar di DKI Jakarta. (Dok. Mayapada Hosptial).
Jakarta, CNN Indonesia --

Melanjutkan kesuksesan program vaksinasi yang telah dilakukan di mal pusat perbelanjaan lainnya, Mayapada Healthcare lewat unitnya Mayapada Hospital kembali ditunjuk sebagai vaksinator di 5 mal besar di DKI Jakarta. Vaksinasi ini khususnya untuk para Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Pekerja Ritel.

Sasaran vaksinasi tahap 2 pada program vaksinasi dari pemerintah, yakni para pelaku UMKM dan pekerja ritel yang langsung melayani konsumen dan publik yang rentan terpapar dan tertular Covid-19. Mengingat industri jasa tetap dibuka pelayanannya dan melayani konsumen selama pandemi dengan batasan tertentu.

Melihat antusiasme masyarakat Indonesia dalam menerima vaksinasi Covid-19, Mayapada Hospital bekerja sama dengan mal-mal besar, Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan puskesmas kecamatan setempat dalam upaya mewujudkan dan mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia, khususnya DKI Jakarta.


Lewat semua unitnya yaitu Mayapada Hospital Tangerang, Mayapada Hospital Jakarta Selatan, Mayapada Hospital Kuningan, dan Mayapada Hospital Bogor, Mayapada Healthcare siap mendukung Program Pemerintah percepatan Vaksin Covid-19 menjadi vaksinator.

Rangkaian program vaksinasi untuk pelaku usaha UMKM dan Pekerja ritel ini dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada Senin (3/5) lalu di Grand Indonesia Shopping mal. Lebih dari 11 ribu pelaku UMKM dan pekerja ritel akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 di 5 mal besar di Jakarta, yakni Grand Indonesia Shopping Mall, Central Park mall, Pacific Place Mall, AEON Cakung, dan Thamrin City.

Vaksinasi bagi para pelaku UMKM dan pekerja ritel ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengendalikan pandemi di Indonesia. Dengan terkendalinya pandemi, maka sistem kesehatan dapat kembali stabil dan menjadi salah satu upaya untuk pemulihan perekonomian nasional.

Dengan target 500 orang per harinya, vaksinasi berlangsung sejak Senin (3/5) hingga 31 Mei 2021 dimulai dari jam 09.00 WIB - 15.00 WIB. Proses vaksinasi dan observasi mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Para pelaku UMKM dan pekerja Ritel yang dapat melakukan vaksinasi pun harus memenuhi sejumlah syarat. Para calon penerima vaksin diwajibkan membawa kartu identitas untuk disesuaikan dalam list yang sudah disediakan oleh masing-masing bagian operasional mal tersebut.

Syarat utama lainnya yaitu sehat dan sedang tidak dalam pengobatan apapun. Para calon penerima vaksinasi terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan medis singkat melalui wawancara pada pasien, atau yang disebut anamnese tambahan, lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik (tensi, nadi, suhu) sebelum mendapat suntikan vaksinasi bagi tiap individu.

Bagi yang mendapatkan vaksinasi, selama 30 menit pasca penyuntikan, akan diobservasi untuk melihat efek simpang atau KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Selama proses vaksin pertama dan yang kedua, diharapkan tetap menjalani protokol kesehatan 5M (Mencuci tangan,
Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi Mobilitas).

Jonathan Tahir, selaku Group CEO Mayapada Healthcare menyatakan kegembiraannya dapat mendukung pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi Covid-19. Terutama dalam bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta serta menjadi partner yang ditunjuk sebagai vaksinator bagi Grand Indonesia Shopping Mall, Central Park Mall, Pacific Place Mall, AEON Cakung, dan Thamrin City.

"Setelah sebelumnya menjadi vaksinator bagi lansia, guru, UMKM dan layanan publik, kami terbuka untuk membantu pemberian vaksinasi sesuai sasaran yang telah ditentukan pemerintah sebelumnya, baik di area DKI Jakarta maupun bantuan yang dibutuhkan untuk daerah luar Jakarta seperti Bogor dan Tangerang," katanya.

"Kami berkomitmen untuk selalu bersinergi dan membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19 baik dalam Vaksinasi Program Pemerintah maupun Vaksinasi Mandiri/Gotong Royong ke depannya," tambahnya.

Lebih lanjut Jonathan Tahir menuturkan, sesuai data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, total sasaran vaksinasi tahap kedua mencapai lebih dari 38 juta orang yang terdiri dari 21 juta lansia dan hampir 17 juta petugas pelayanan publik.

"Kami berharap kehadiran vaksin di lima mal dengan lokasi yang strategis dapat membantu pemerintah untuk mencapai target tahap ke-2," tutup Jonathan Tahir.

(osc)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK