Bill dan Melinda Gates Bagi Harta Rp2.163 T Pakai Kontrak

CNN Indonesia | Rabu, 05/05/2021 11:02 WIB
Bill dan Melinda Gates tak menandatangani perjanjian pranikah. Mereka memutuskan untuk membagi harta hampir US$150 miliar dengan kontrak yang telah disepakati. Bill dan Melinda Gates tak menandatangani perjanjian pranikah. Mereka memutuskan untuk membagi harta hampir US$150 miliar dengan kontrak yang telah disepakati.(Getty Images via AFP/JOHN LAMPARSKI).
Jakarta, CNN Indonesia --

Bill Gates dan Melinda Gates tak memiliki perjanjian pranikah. Mereka memutuskan untuk membagi harta hampir US$150 miliar atau sekitar Rp2.163 triliun (asumsi kurs Rp14.425 per dolar AS) dengan kontrak pemisahan yang telah disepakati.

Mengutip Business Insider, Rabu (5/5), kontrak pemisahan yang sudah disepakati oleh Bill dan Melinda akan mengatur bagaimana mereka akan membagi properti saat terjadi perceraian.

Sebelumnya, Bill dan Melinda Gates mengumumkan kabar perceraian mereka pada Senin (3/5) lalu. Hal ini terjadi setelah 27 tahun pernikahan.


Berdasarkan informasi Bloomberg, Bill Gates yang ikut mendirikan Microsoft dan memiliki 1 persen saham dari perusahaan teknologi itu dengan nilai yang diperkirakan sebesar US$146 miliar. Hal ini membuat Bill Gates berada di urutan keempat dalam daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg.

Salah satu bagian dalam pengajuan perceraian mempertanyakan apakah Bill dan Melinda telah menandatangani perjanjian pranikah, kontrak pemisahan, atau perjanjian properti komunitas. Bill dan Melinda mengatakan bahwa mereka punya kontrak pemisahan. Namun, pasangan itu tak punya perjanjian pranikah.

Pranikah adalah perjanjian hukum yang dapat ditandatangani pasangan sebelum menikah. Hal ini yang akan mengatur bagaimana aset pasangan jika mereka bercerai atau salah satu dari mereka meninggal dunia.

Perjanjian pemisahan atau kontrak adalah dokumen hukum pribadi yang diteken oleh pasangan ketika mereka ingin menghabiskan waktu berpisah dan hidup terpisah. Dokumen itu juga akan mencantumkan hak dan kewajiban mereka, seperti tunjangan dan hak asuh anak, dan ditandatangani tanpa melibatkan pengadilan.

Untuk beberapa pasangan, mereka menggunakan kontrak pemisahan sebagai kesempatan untuk memperbaiki pernikahan mereka. Namun, Bill dan Melinda mengatakan pernikahan mereka tak dapat diperbaiki lagi.

Dengan demikian, mereka meminta pengadilan untuk mengakhiri pernikahan mereka pada tanggal yang disebutkan dalam kontrak perpisahan mereka. Dokumen itu diajukan pada Senin lalu di King Country, Washington. Melinda Gates tercatat sebagai pemohon dan Bill Gates sebagai responden.

Pengajuan itu termasuk dengan permohonan tanggal persidangan pada 4 April 2022. Penyelesaian dari perceraian Bill dan Melinda bisa menjadi salah satu yang terbesar.

Dalam laporan Insider's Katie Canales, ketika CEO Amazon Jeff Bezos dan istrinya Mackenzie Scott berpisah pada 2019 lalu, penyelesaian mereka mencapai US$38 miliar. Hal ini membuat Mackenzie sebagai perempuan terkaya ketiga di dunia.

[Gambas:Video CNN]



(aud/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK