MDI Ventures dan KB-MDI Centauri Fund Suntik Modal ke Cermati

Telkom, CNN Indonesia | Rabu, 05/05/2021 14:41 WIB
MDI Ventures berpartisipasi dalam pendanaan Seri C untuk Cermati yang mengelola Cermati.com, marketplace produk finansial dengan trafik terbesar di Indonesia. CEO MDI Ventures Donald Wihardja (ketiga dari kanan) bersama CEO dan co-founder Cermati.com Andhy Koesnandar (tengah) didampingi Managing Partner Centauri Fund Kenneth Li (paling kanan), Vice President Investment MDI Ventures Aldi Hartanto (kedua dari kanan), Chief Business Officer Cermati.com Carlo Gandasubrata (paling kiri), Chief Technology Officer Cermati.com Oby Sumampouw (ketiga dari kiri) dan CEO Central Capital Ventura Armand Widjaja (kedua dari kiri) usai penandatanganan pendanaan Seri C untuk Cermati di Jakarta. (Foto: Arsip Telkom)
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui entitas anak usaha MDI Ventures turut berpartisipasi dalam pendanaan Seri C untuk Cermati pada April 2021. Pendanaan Seri C tersebut akan digunakan untuk membangun tim, meningkatkan dan memperluas penawaran produk, pengembangan teknologi, serta perluasan mitra kerja dan distribusi produk.

"Kami turut mendukung Cermati dalam menawarkan produk-produk micro insurance dan micro lending hingga berperan penting terhadap inklusi keuangan Indonesia," ujar CEO MDI Ventures Donald Wihardja.

Cermati adalah salah satu perusahaan fintech dalam negeri yang menawarkan berbagai produk finansial ke lebih dari 20 juta pengguna. Produk yang dikelola antara lain Cermati.com, yakni marketplace untuk produk finansial yang memiliki trafik terbesar di Indonesia.


Kemudian beberapa lini bisnis yang dijalankan adalah asuransi digital melalui Cermati Protec dan bisnis fintech lending. Melalui Big Data dan AI, Cermati berencana mengembangkan micro insurance dan menyasar pasar yang belum terlayani melalui micro lending products.

Kini, Cermati akan memperluas distribusi produk melalui jaringan luas TelkomGroup selaku salah satu investor utama, serta perusahaan-perusahaan dan BUMN lainnya. Sedangkan bersama MDI Ventures, KB Financial Group disebut juga turut ambil bagian dalam investasi Cermati melalui KB-MDI Centauri Fund.

Mananging Partner Centauri Fund Kenneth Li menilai bahwa Cermati memiliki potensi pertumbuhan yang tak sedikit.

"Kami melihat bahwa Cermati merupakan salah satu fintech company yang memiliki potensi growth yang masih sangat besar. Dengan ekosistem yang dimiliki TelkomGroup dan KB Financial Group, kami bisa membantu akselerasi penetrasi keuangan kepada unbanked dan underbanked population di Indonesia melalui Cermati," ujar Kenneth.

CEO dan co-founder Cermati.com Andhy Koesnandar pun mengungkapkan kegembiraan bermitra dengan MDI Ventures yang memiliki keahlian membangun perusahaan startup.

"Kami berharap dapat memanfaatkan jaringan MDI yang kuat di lingkungan TelkomGroup dan BUMN dapat meningkatkan kapabilitas produk dan aset kami. Investasi dan sinergi ini akan mempercepat visi kami dalam memanfaatkan teknologi untuk membantu mencapai inklusi keuangan," tuturnya.

Sementara, Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya menambahkan bahwa investasi di Cermati akan melengkapi ekosistem digital fintech yang tengah dikembangkan MDI sebagai corporate venture capital TelkomGroup. Ia berharap ke depannya ada lebih banyak peluang kolaborasi antara anak perusahaan dan entitas unit bisnis TelkomGroup untuk melahirkan produk digital yang inovatif, khususnya di sektor financial services.

Sampai saat ini, lanjut Budi Setyawan, MDI telah berinvestasi di lebih dari 50 startup di dalam dan luar negeri. Pada 2021, MDI mempunyai fokus investasi di bidang fintech, agritech, logistic, health, new retail, dan deep tech.

"Konsistensi MDI dalam berinvestasi di startup merupakan bentuk komitmen TelkomGroup dalam memperkuat bisnis digital di tanah air dan mendukung akselerasi digitalisasi Indonesia," kata Budi Setyawan.

Kerja sama dengan Cermati disebut menjadi jawaban atas tantangan industri digital, juga sebagai dukungan digitisasi nasional, serta untuk menginternalisasi agenda transformasi. Secara keseluruhan, kerja sama ini diyakini sejalan dengan semangat TelkomGroup yang tengah bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang berfokus pada domain bisnis digital.

(rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK