Larangan Mudik, Penumpang di Bandara AP II Anjlok 85 Persen

CNN Indonesia | Senin, 10/05/2021 15:30 WIB
Jumlah penumpang harian di bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II turun drastis hingga 85 persen pada periode larangan mudik. Jumlah penumpang harian di bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II turun drastis hingga 85 persen pada periode larangan mudik. Ilustrasi. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pergerakan penumpang di sejumlah bandara menurun drastis selama masa larangan mudik lebaran 2021 yang dimulai pada 6 Mei lalu.

PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat jumlah penumpang di bandara yang dikelolanya menurun hingga 85 persen.

Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, misalnya, saat ini hanya berada di kisaran 7 ribu hingga 10 ribu penumpang per hari.


"Jauh menurun dibandingkan minggu-minggu sebelumnya sekitar 50 ribu sampai 70 ribu penumpang per harinya," ungkap VP of Corpate Communication Angkasa Pura II Yado Yarismano.

Kondisi tersebut juga berbeda dengan pengetatan perjalanan sebelum berlakunya larangan mudik, yakni pada 22 April lalu yang sempat melonjak hingga 80 ribu penumpang.

Begitu pula jika dibandingkan dengan kondisi normal sebelum pandemi covid-19, jumlah penumpang di Bandara AP 2 saat ini masih anjlok.

"Jika dibandingkan dengan normal itu kapasitas baru sekitar 35-40 persen dari normal. Di lapangan juga berjalan dengan lancar di mana tim operasional dengan konsisten," jelasnya.

Senada, Kepala Humas PT Angkasa Pura I (Persero) Gede Eka Sandi juga menyampaikan adanya penurunan jumlah penumpang jelang lebaran.

Kondisi ini berbeda dengan peningkatan penumpang yang terjadi pada masa pengetatan perjalanan orang sebelum mudik resmi dilarang.

"Ada kenaikan pada masa pengetatan kemarin," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK