Belanja di Walmart Dkk Boleh Lepas Masker

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Minggu, 16/05/2021 13:12 WIB
Konsumen boleh melepas masker mereka saat berkunjung ke toko ritel Walmart, Trader Joe's, dan Costco, dengan syarat sudah mendapat vaksinasi penuh. Konsumen boleh melepas masker mereka saat berkunjung ke toko ritel Walmart, Trader Joe's, dan Costco, dengan syarat sudah mendapat vaksinasi penuh. (AFP/Frederic J Brown).
Jakarta, CNN Indonesia --

Konsumen yang mengunjungi toko ritel di AS, seperti Walmart, Trader Joe's, dan Costco, boleh melepas masker mereka jika sudah mendapatkan vaksin covid-19.

Pengumuman tersebut mengikuti pedoman baru yang dibuat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) pada Kamis, (13/5) lalu. Dalam pengumuman itu, CDC menyatakan bahwa orang yang sudah menerima vaksinasi penuh tidak perlu lagi memakai masker atau menjaga jarak di dalam atau di luar ruangan.

Terkecuali di tempat perawatan kesehatan, transportasi umum, atau di area lain di mana pemerintah masih mewajibkan pemakaian masker. "Orang-orang masih perlu mengikuti panduan tempat kerja dan bisnis lokal setempat," tulis CDC dilansir CNN Business, Minggu (16/5).


Setelah pengumuman CDC tersebut, Walmart segera merilis surat ke jaringan tokonya, termasuk Sam's Club dan fasilitas rantai pasokan. Surat itu berbunyi pelanggan yang sudah divaksinasi dipersilakan berbelanja tanpa masker.

Sementara, konsumen atau pelanggan yang belum menerima vaksinasi atau belum lengkap vaksinasinya, masih harus mengenakan masker selama berbelanja di toko.

Tak cuma pelanggan, Walmart juga mengizinkan karyawan yang sudah divaksinasi bekerja tanpa masker mulai Selasa (18/5) nanti. Karenanya, manajemen mendorong karyawan untuk mendapatkan vaksinasi.

"Tetapi, beberapa peraturan kota dan negara bagian AS akan terus mewajibkan penggunaan penutup wajah. Kami akan mengikuti persyaratan itu," tulis surat itu.

[Gambas:Video CNN]

Hal serupa juga berlaku di Costo co. Perusahaan mengizinkan konsumen berbelanja tanpa masker. Namun, pelanggan yang berisiko tinggi harus tetap memakai penutup wajah.

"Kami izinkan pelanggan yang sudah divaksinasi penuh memasuki Costco tanpa masker dan pelindung wajah, kecuali mereka yang berisiko tinggi," tutur Costco.

Uniknya, manajemen Costco tidak akan meminta pelanggan membuktikan diri bahwa mereka telah divaksinasi.

Manajemen hanya meminta kerja sama bertanggung jawab dari para pelanggan dengan kebijakan baru tersebut.

Trader Joe's pun demikian. Pelanggan yang mendapatkan vaksinasi tidak wajib lagi memakai masker. Juru Bicara Trader Joe's Kenya Friend-Daniel mengatakan hanya karyawan yang masih harus memakai masker.

Sementara, toko ritel lain, seperti Walgreens dan Kroger tetap mempertahankan kebijakannya agar seluruh pelanggan dan karyawan di jaringan toko ritel mereka tetap memakai masker dan pelindung wajah.

"Kami memutuskan mempertahankan kebijakan penutup wajah kami saat ini untuk sementara waktu," imbuh Emily Mekstan, Juru Bicara Walgreens.

(bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK