George Soros Borong Saham Hampir Rp5 T

reuters, CNN Indonesia | Senin, 17/05/2021 08:00 WIB
Perusahaan investasi miliarder George Soros, Soros Fund Management memborong saham sampai dengan Rp5 triliun. Berikut saham yang diborong. Perusahaan investasi miliarder George Soros, Soros Fund Management memborong saham sampai dengan Rp5 triliun. Ilustrasi. (AFP/Jeenah Moon).
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan investasi miliarder George Soros, Soros Fund Management membeli saham ViacomCBS Inc, Discovery Inc, dan Baidu Inc. Pembelian dilakukan ketika banyak investor yang melepas kepemilikan saham di tengah kasus Archegos Capital Management

Mengutip Reuters, Senin (17/5), Soros Fund Management membeli saham Viacom CBS senilai US$194 juta atau Rp2,71 triliun (kurs Rp14 ribu per dolar AS). Lalu, perusahaan itu membeli saham Baidu senilai US$77 juta atau Rp1,07 triliun.

Selain itu, Soros Fund Management juga membeli saham Vipshop Holdings Ltd senilai US$46 juta atau Rp644 mililar, serta Tencent Music Entertainment Group senilai US$34 juta atau Rp476 miliar. Jika ditotal, Soros Fund Management membeli saham di empat perusahaan tersebut dengan nilai US$351 juta atau Rp4,91 triliun.


Salah satu sumber menyebutkan bahwa Soros Fund Management tak memiliki saham di empat perusahaan tersebut sebelum kasus Archegos.

Archegos adalah sebuah kantor keluarga yang dijalankan oleh mantan manajer Tiger Asia, Bill Hwang. Perusahaan merugi karena saham ViacomCBS sempat anjlok pada Maret 2021 lalu.

Akibatnya, Archegos menghadapi tekanan margin call dari bank broker utamanya. Perusahaan pun tak mampu memenuhi margin call untuk mengamankan perdagangan saham yang sebagian dibiayai oleh bank.

Bank global kehilangan hampir US$10 miliar akibat dari kejatuhan Archegos. Beberapa bank yang terkena dampak adalah Credit Suisse, Nomura Holdings, dan Morgan Stanley.

(aud/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK