Jokowi Bakal Prioritaskan Vaksin Gotong Royong ke Batam

CNN Indonesia | Rabu, 19/05/2021 17:37 WIB
Presiden Jokowi akan memprioritaskan distribusi vaksin gotong royong untuk Batam, setelah mendengar keluhan pasokan Pemkot Batam. Presiden Jokowi akan memprioritaskan distribusi vaksin gotong royong untuk Batam, setelah mendengar keluhan pasokan Pemkot Batam. Ilustrasi. (Kris - Biro Pers).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku akan memprioritaskan distribusi vaksin gotong royong ke Batam. Pernyataan ini diungkapkan setelah mendengar keluhan pasokan vaksin covid-19 skema mandiri tersebut dari Pemerintah Kota Batam.

"Saya dan Pak Menteri Kesehatan (Budi Gunadi Sadikin) akan kami berikan prioritas untuk Batam, khususnya untuk industri," ungkap Jokowi dalam kunjungan kerja ke Kepulauan Riau, Rabu (19/5).

Ia mengatakan pasokan vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi gotong royong baru 420 ribu. Sementara, pemerintah menargetkan terdapat 30 juta vaksin untuk vaksinasi gotong royong.


"Masih kecil sekali, memang jadi rebutan," kata Jokowi.

Pemerintah menetapkan harga pembelian vaksin mandiri merek Sinopharm melalui PT Bio Farma (Persero) yang akan digunakan untuk vaksin gotong royong senilai Rp321.660 per dosis. Sementara, tarif maksimal layanannya sebesar Rp117.910 per dosis.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid meminta pemerintah untuk memprioritaskan Batam dalam menyalurkan pasokan vaksin covid-19, khususnya yang diberikan lewat skema gotong royong.

Hal ini lantaran ketersediaan vaksin untuk industri terbatas. "Kami berharap untuk diprioritaskan dalam penyediaan vaksin atau gotong royong yang pembiayaannya pada badan usaha, mengingat Kota Batam sebagai kota industri memiliki banyak karyawan, bekerja di industri yang menopang ekonomi Batam," jelas Jefridin.

Berdasarkan catatannya, jumlah tenaga kerja di Batam sebanyak 392.819 orang. Sementara, ketersediaan vaksin untuk tenaga kerja saat ini jauh di bawah itu.

"Ketersediaan vaksin tenaga kerja asing saat ini 6.573 orang, total tenaga kerja di Kota Batam lokal dan asing 399.392 orang," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(aud/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK