Sandi Minta Masyarakat Bali Ikut Anugerah Desa Wisata 2021

Kemenparekraf, CNN Indonesia | Rabu, 26/05/2021 20:02 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat Bali untuk ikut serta dalam ajang Anugerah Desa Wisata 2021. Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat Bali untuk ikut serta dalam ajang Anugerah Desa Wisata 2021. (Arsip Kemenparekraf).
Jakarta, CNN Indonesia --

Gali potensi desa, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat Bali untuk ikut serta dalam ajang Anugerah Desa Wisata 2021.

Alasannya, kontes yang digelar Kemenparekraf itu secara langsung dapat meningkatkan ekonomi sekaligus wahana promosi desa wisata.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno ketika mengunjungi Desa Wisata Mas, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali pada Rabu (26/5).


Dalam kesempatan tersebut, dia menyatakan ajang Anugerah Desa Wisata 2021 merupakan bentuk keberpihakan pemerintah dalam pemulihan sektor parekraf nasional.

"Anugerah Desa Wisata ini adalah bentuk keberpihakan, bentuk ekonomi yang berkeadilan membantu saudara-saudara kita yang betul-betul membutuhkan, yaitu warga di Pulau Bali," ungkap Sandi.

Program tersebut diyakini dapat mengembalikan kejayaan pariwisata Pulau Dewata yang selama setahun lebih didera pandemi Covid-19.

Selain itu membangkitkan semangat masyarakat yang kini terpuruk imbas pandemi covid-19, mengingat terdapat sebanyak 1.200 desa yang memiliki potensi pariwisata untuk bisa ditingkatkan.

Sehingga dapat menjadi ikon kebangkitan ekonomi nasional, membuka peluang usaha dan lapangan kerja serta meningkatkan keterampilan masyarakat terkait digitalisasi.

"Saya ingin mengingatkan bahwa anugerah desa wisata ini adalah program unggulan dari Kemenparekraf untuk membangkitkan semangat," ungkap Sandiaga Uno.

"Karena kita ingin desa wisata-desa wisata ini memenuhi tujuh kategori perlombaan (kontes)," jelasnya.

KemenparekrafMenparekraf Sandiaga Uno menyebut Anugerah Desa Wisata 2021 dapat memgembalikan kejayaan pariwisata Bali. (Arsip Kemenparekraf).

Kategori tersebut antara lain Kontes Homestay; Kontes Toilet; Kontes CHSE; Kontes Desa Digital; Kontes Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya),

Selanjutnya Kontes Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan) dan Kontes Konten Kreatif.

"Kegiatan promosi ini kita harapkan akan membangkitkan minat dari desa-desa wisata yang ada di seluruh Indonesia untuk mendaftarkannya," jelas Sandiaga Uno.

"Jadi jangan lupa, daftarkan desa kalian di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di laman www.jadesta.com/adwi2021; sampai 26 Juni 2021 dengan total hadiah miliaran rupiah," ujar Sandi

Menutup sambutan, Sandaiag Uno menyampaikan sebuah pantun.

Pantun berisi harapan atas kebangkitan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

'Kalau lagi jatuh cinta bikin nggak bisa berkata-kata,

Bisanya cuma senyum-senyum ngeliatin wajah si dia.'

'Mari dukung terus pengembangan desa wisata,

Agar masyarakat sejahtera Indonesia makin berjaya'.

(osc)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK