Alasan PLN Luncurkan Layanan Internet ICONNET

CNN Indonesia | Rabu, 02/06/2021 11:51 WIB
PT PLN merilis bisnis layanan internet bernama ICONNET sebagai bagian dari transformasi perusahaan. PT PLN merilis bisnis layanan internet bernama ICONNET sebagai bagian dari transformasi perusahaan. Ilustrasi. (Ed Gregory).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT PLN (Persero) merambah bisnis layanan internet melalui ICONNET. Layanan tersebut merupakan bagian dari transformasi perusahaan.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengungkapkan ICONNET akan menjawab kebutuhan dan tuntutan pelanggan yang membutuhkan internet yang cepat, andal, dan sesuai dengan keekonomian masyarakat Indonesia. Ia berharap ICONNET dapat menjadi pemimpin pasar fixed broadband internet di Indonesia.

"PLN membangun jaringan listrik hingga ke seluruh pelosok negeri yang akan kami ekspansi dengan jaringan internet. Ke depan, tentunya di mana ada listrik, di situ ada ICONNET," ujar Zulkifli dalam keterangan resmi, Rabu (2/6).


Berdasarkan catatannya, data pengguna fixed broadband internet di Indonesia pada 2020 meningkat dari 12 persen menjadi 15 persen. Menurutnya, ini menjadi peluang bagi ICONNET untuk berkontribusi menyediakan layanan internet fiber optic.

Ia mengakui bisnis penyediaan layanan internet bukanlah perkara mudah. Namun, Zulkifli optimistis bisnis ini bisa dijalankan oleh PLN.

Zulkifli menjelaskan Layanan ICONNET akan dikelola oleh anak usaha PLN, yakni PT Indonesia Comnets Plus (ICON+). Ia memastikan ICONNET akan menyediakan layanan yang andal (reliable), terjangkau (affordable), dan tanpa batas (unlimited).

Ia menambahkan bahwa PLN ikut mengakselerasi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait program digitalisasi untuk UMKM melalui ICONNET. Layanan internet ini nantinya bisa diakses lewat aplikasi PLN Mobile.

[Gambas:Video CNN]



(aud/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK