Kedelai Mahal, Harga Tahu di Makassar Naik

CNN Indonesia | Rabu, 02/06/2021 14:31 WIB
Harga kedelai yang mahal membuat para pengusaha tahu di Makassar terpaksa menaikkan harga tahu di tengah pandemi covid-19 melanda Indonesia. Harga kedelai yang mahal membuat para pengusaha tahu di Makassar terpaksa menaikkan harga tahu di tengah pandemi covid-19 melanda Indonesia.(ANTARA FOTO/Maulana Surya).
Makassar, CNN Indonesia --

Harga kedelai yang mahal membuat sejumlah pengusaha tahu di Kelurahan Karang Anyar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan terpaksa menaikkan harga tahu di tengah pandemi covid-19 melanda Indonesia.

Para pengusaha terpaksa menaikkan harga tahu satu kotak sebesar Rp5 ribu. Sebelum naik, harga satu kotak dijual Rp 35 ribu, kini dijual dengan Rp 40 ribu, demi keberlangsungan usahanya.

Salah satu pengusaha, Harun menuturkan kenaikan harga tahu ini untuk menekan biaya produksi dengan memasak tahu menggunakan kayu bakar. Sebelumnya, memasak dengan menggunakan bahan bakar solar.


"Sekarang pakai kayu bakar, demi keberlangsungan usaha di tengah pandemi Covid-19," kata Harun, Rabu (2/6).

Tak hanya itu, Harun masih mempertahankan kedelai impor ketimbang menggunakan kedelai lokal. Hal itu, disebabkan karena kualitas kedelai impor dibawa kedelai lokal.

"Kalau biaya operasional yang tinggi dan kemungkinan pengusaha tahu yang lain di Makassar akan gulung tikar," jelasnya.

Harun menjelaskan jika pemerintah tidak dapat menurunkan harga kedelai, bukan tidak mungkin sejumlah pengusaha tahu di Makassar akan gulung tikar karena biaya operasional produksi yang sangat tinggi.

Sebagai informasi, harga kedelai impor saat ini menembus harga Rp9.600, yang sebelumnya hanya di kisaran Rp.8.500 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(mir/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK