Ekonomi Jerman Diramal Tembus 4 Persen pada 2021

CNN Indonesia | Kamis, 03/06/2021 20:26 WIB
Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier memperkirakan pertumbuhan ekonomi negaranya akan mencapai 4 persen pada 2021. Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier memperkirakan pertumbuhan ekonomi negaranya akan mencapai 4 persen pada 2021.(Getty Images/iStockphoto/franckreporter).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier memperkirakan pertumbuhan ekonomi negaranya akan mencapai 4 persen pada 2021. Proyeksi ini berbanding terbalik dengan kondisi ekonomi Jerman yang terkontraksi sampai minus 5 persen pada 2020.

Perkiraannya ini juga lebih tinggi dari asumsi awal di kisaran 3,5 persen pada awal tahun ini. Altmaier mengatakan proyeksi ini muncul karena kondisi ekonomi Jerman sudah menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

Hal ini terjadi sejalan dengan kebangkitan ekonomi negara-negara utama di kawasan Eropa. Pemulihan diklaim terjadi berkat sejumlah paket stimulus kepada masyarakat.


"Jerman melawan resesi lebih baik dari yang diperkirakan banyak orang, pertumbuhan turun lebih sedikit daripada di banyak negara dan pemulihan dimulai lebih awal," ungkap Altmaier seperti dikutip dari AFP, Kamis (3/6).

Padahal, sebelumnya Jerman sempat kembali menerapkan kebijakan penguncian wilayah (lockdown) karena jumlah kasus positif virus corona melonjak secara tiba-tiba. Hal ini membuat ekonomi Jerman menyusut 1,7 persen pada kuartal I 2021.

Namun, tanda-tanda pemulihan diklaim mulai muncul lagi. Mulai dari pelonggaran pembatasan, aktivitas industri, hingga vaksinasi covid-19.

[Gambas:Video CNN]



(uli/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK