Emoji Patah Hati Elon Musk Buat Harga Bitcoin Turun 4 Persen

CNN Indonesia
Jumat, 04 Jun 2021 18:12 WIB
Bitcoin tergelincir sekitar 4 persen akibat cuitan Elon Musk pada perdagangan Jumat (4/6). Bitcoin tergelincir sekitar 4 persen akibat cuitan Elon Musk pada perdagangan Jumat (4/6).(istockphoto/studiocasper).
Jakarta, CNN Indonesia --

Bitcoin tergelincir sekitar 4 persen akibat cuitan Elon Musk pada perdagangan Jumat (4/6). Kali ini bos Tesla tersebut mengeluarkan beberapa tweet yang tampak sebagai penyesalan atas perpisahan dengan cryptocurrency.

Musk mencuit '#Bitcoin' dan emoji patah hati di atas meme pasangan yang mendiskusikan perpisahan mereka. Cuitan itu lalu dilanjutkan dengan memposting strip komik perpisahan dan respons positif untuk ilustrasi saingan kripto dogecoin yang diposting oleh Coinbase.

Tidak jelas apa maksud dari tweet tersebut. Namun, posisi besar Tesla dalam bitcoin dan banyaknya pengikut Musk membuat pasar kripto gelisah.


Musk sebelumnya mengatakan Tesla tidak akan menjual bitcoin-nya, tetapi tweetnya cukup untuk meresahkan pasar yang masih rapuh setelah koin kripto tersebut mengalami kejatuhan pada Mei lalu.

"Dia mengendalikan komunitas," kata Bobby Ong, salah satu pendiri agregator data kripto dan situs analitik CoinGecko, seperti dikutip Reuters.

Penurunan bitcoin hari ini mendorong mata uang kripto tersebut berada di bawah rata-rata pergerakan dalam 20 hari terakhir, menjadi US$37.710 per koin. Meski demikian, beberapa investor telah mengambil keuntungan dari kenaikan sebesar 6 persen harga pada pekan ini.

Seperti diketahui, Musk merupakan promotor utama mata uang kripto. Namun, Musk menjadi kritis terhadap bitcoin sejak menangguhkan rencana Tesla untuk menggunakannya sebagai alat pembayaran mobil yang mereka jual, karena kekhawatiran tentang penggunaan energi tak ramah lingkungan.

Saham Telsa sendiri kini telah turun sepertiga sejak mengumumkan pembelian bitcoin senilai US$1,5 miliar pada Februari lalu, sementara bitcoin telah anjlok lebih dari 40 persen setelah sempat mencetak rekor tertingginya pada April yakni sebesar US$64.895,22.

Sejak penangguhan tersebut, harga bitcoin dan beberapa cryptocurrency merosot pada bulan lalu dan masih belum pulih hingga saat ini. Hal ini juga diperparah dengan berita tentang pengawasan peraturan baru di China yang melarang transaksi mata uang kripto oleh lembaga keuangan di negara tersebut.

Di beberapa negara, mata uang kripto memang dilarang tegas oleh otoritas moneter sebagai alat pembayaran. Indonesia pun melarang transaksi cryptocurrency sejak bitcoin booming pada 2017 dan larangan tersebut terus digaungkan oleh Bank Indonesia hingga sekarang.

Mengutip coinmarketcap.com selain bitcoin mata uang kripto lain seperti ethereum, binance, cardano dan dogecoin terpantau merah pada perdagangan hari ini.

Ethereum turun 5,31 persen ke harga US$2.667 dengan kapitalisasi pasar sebesar US$308,8 miliar dan Binance turun 8,7 persen ke US$382,9 per keping dengan kapitalisasi pasar US$58,49 miliar.

Sedangkan cardano dan dogecoin masing-masing merosot 5,87 persen dan 13,21 persen. cardano dijual seharga US$1,69 per koin dengan kapitalisasi pasar sebesar US$53,54 miliar, dan dogecoin dilego US$0,376 dengan kapitalisasi pasar US$48,7 miliar.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/age)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER