Sejarah Bitcoin Jadi Mata Uang Digital yang Populer

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 12/06/2021 14:45 WIB
Mata uang digital Bitcoin melewati sejarah panjang sebelum populer seperti saat ini. Berikut sejarah Bitcoin. Mata uang digital Bitcoin melewati sejarah panjang sebelum populer seperti saat ini. Berikut sejarah Bitcoin. (Foto: istockphoto/baona)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bitcoin merupakan mata uang digital yang populer saat ini. Bitcoin banyak digunakan sebagai alat tukar maupun ditambang untuk investasi.

Bitcoin adalah uang elektronik yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada 2009. Bitcoin tercipta melalui sejarah panjang.

Berikut sejarah bitcoin


San Diego, California, Nov 17th 2015: The bit coin was invented by Satoshi Nakamoto in 2008 as a digital form of money but no one truly knows who  Satoshi Nakamoto is. Transactions are done through peer to peer networks without the need of a bank making it the first decentralized digital currency. This is a close up photo of several gold plated bitcoins together symbolizing the bit coin market, modern technology, finance, internet, trading, etc.Sejarah bitcoin lahir dari perkembangan uji coba penciptaan mata uang digital pada tahun 90-an. (Foto: iStockphoto/skodonnell)

Bitcoin merupakan perkembangan dari uji coba penciptaan mata uang digital di era 90-an. Belasan tahun perkembangan mata uang digital mengalami kebuntuan dan barulah di tahun 2009, Bitcoin lahir.

Tidak diketahui tanggal pasti lahirnya Bitcoin. Sejumlah sumber menyebut Bitcoin lahir pada Januari 2009. Bitcoin lahir dari gagasan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Satoshi Nakamoto.

Nakamoto membuat penelitian berjudul "Bitcoin: A Peer to Peer Electronics Cash System" yang diunggah ke forum diskusi kriptografi. Tak lama setelah itu, Nakamoto secara resmi merilis mata uang Bitcoin ke publik. Kemunculan Bitcoin memicu lahirnya mata uang digital lain.

Siapa Satoshi Nakamoto?

Satoshi Nakamoto merupakan nama samaran yang hingga saat ini identitas aslinya tidak diketahui. Tidak ada yang mengetahui sosok asli Nakamoto.

Sejumlah pendapat menyebut Nakamoto bukanlah satu orang tapi merujuk pada kelompok orang yang terlibat dalam penelitian Bitcoin.

Linimasa Sejarah Bitcoin

Harga Bitcoin terus meroket pada Desember 2020 ini. Jika pada awal Desember, harga per koin baru menyentuh US$19.920 atau setara Rp280 juta, jelang pergantian tahun harganya sudah melonjak jadi US$28 ribu atau setara Rp400 juta per koin.Harga itu hampir setara dengan satu unit rumah di pinggiran Jakarta. Apa itu Bitcoin?Sejarah Bitcoin muncul ke publik terjadi pada tahun 2009. Saat itu, Bitcoin mulai ditambang untuk pertama kali. (Foto: CNN Indonesia/Timothy Loen)


Sebelum menyandang status mata uang digital paling mahal dan populer saat ini, Bitcoin terlebih dahulu melewati proses panjang. Berikut adalah catatan waktu perjalanan Bitcoin dari masih sebuah konsep hingga menjadi sangat populer.

18 Agustus 2008

Setahun sebelum Satoshi Nakamoto merilis penelitiannya ke publik, dia mendaftarkan domain bitcoin yakni bitcoin.org pada 18 Agustus 2008.

31 Oktober 2008

Dua bulan kemudian, Satoshi Nakamoto menyebarkan penelitiannya di milis pegiat kriptografi metzdowd.com. Di milis itu, Nakamoto menuliskan sebuah pesan.

"Saya telah mengerjakan sistem kas elektronik baru yang sepenuhnya peer to peer, tanpa pihak ketiga yang terpercaya. Penelitian terkait hal itu telah diterbitkan di bitcoin.org dengan judul 'Bitcoin: A Peer to Peer Electronic Cash System', tulis Nakamoto seperti dikutip dari Investopedia.

3 Januari 2009

3 Januari merupakan hari saat Bitcoin pertama kali ditambang. Dalam dunia Bitcoin hal ini dikenal dengan sebutan Blok 0 atau Blok Genesis.

8 Januari 2009

Software atau perangkat lunak pertama khusus Bitcoin diumumkan di milis pegiat kriptografi.

9 Januari 2009

Bitcoin blok 1 mulai ditambang.

Penambangan Bitcoin terus berlanjut hingga harganya melonjak tinggi. Itulah sejarah Bitcoin hingga menjadi mata uang digital yang paling populer.

(imb/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK