Waskita Karya Gandeng China Bangun Proyek Infrastruktur

CNN Indonesia | Senin, 07/06/2021 08:27 WIB
Waskita Karya menggandeng CCCC, BUMN China, bekerja sama membangun proyek infrastruktur, mulai dari tol Ciawi-Sukabumi hingga Pelabuhan Benoa Bali. Waskita Karya menggandeng CCCC, BUMN China, bekerja sama membangun proyek infrastruktur, mulai dari tol Ciawi-Sukabumi hingga Pelabuhan Benoa Bali. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan China Communications Construction Company Co. Ltd atau CCCC telah menandatangani master agreement dalam rangka pembentukan aliansi strategis pembangunan infrastruktur transportasi dan industri lainnya di Indonesia.

Kerja sama antara kedua perusahaan mencakup pengembangan infrastruktur transportasi dan industri lainnya.

Daftar proyek keduanya meliputi proyek tol Kayu Agung-Palembang-Betung, tol Ciawi-Sukabumi, Pipa Distribusi BBM Cikampek-Plumpang, Revetment Pelabuhan Benoa Bali, serta beberapa proyek infrastruktur lainnya.


"Sektor konstruksi harus terus berjalan, bukan hanya untuk memperkuat konektivitas dalam negeri tetapi sebagai salah satu aktivitas pegiat ekonomi yang membantu Indonesia tumbuh selama dan di pasca pandemi," ujar Menteri BUMN Erick Thohir lewat rilis, Senin (7/6).

Di kesempatan sama, Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan bahwa kerja sama merupakan salah satu strategi perusahaan untuk menciptakan potensi pertumbuhan bisnis yang positif pasca vaksin covid-19.

"Sektor konstruksi dan infrastruktur adalah salah satu sektor vital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," katanya.

Destiawan meyakini pengembang infrastruktur besar seperti CCCC bakal membawa manfaat bagi masyarakat luas, di samping memberikan nilai tambah bagi kedua perusahaan terlibat.

Sejalan dengan keinginan BUMN membangun kemitraan yang kuat dengan swasta, Destiawan menjelaskan pihaknya akan menjelajahi lebih banyak peluang pembangunan infrastruktur yang dapat dikerjasamakan dengan mitra asing.

Sebagai informasi, CCCC merupakan BUMN China yang bergerak di bidang investasi, desain, konstruksi, dan infrastruktur transportasi. Per 31 Desember 2020, tercatat CCCC memiliki aset dengan total nilai mencapai US$204 miliar.

[Gambas:Video CNN]



(wel/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK