Pertamina Dukung Program Penguatan Literasi Digital UMKM

Pertamina, CNN Indonesia | Rabu, 09/06/2021 18:06 WIB
Pertamina mendukung penguatan literasi digital UMKM dengan terlibat sebagai narasumber pada sesi Strategi Digital Marketing dalam program #MajuBarengTikTok. Pertamina mendukung penguatan literasi digital UMKM dengan terlibat sebagai narasumber pada sesi Strategi Digital Marketing dalam program #MajuBarengTikTok. (Foto: dok. Pertamina)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertamina menyatakan dukungan terhadap upaya penguatan literasi digital bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar tetap adaptif dengan memanfaatkan teknologi digital secara maksimal, khususnya untuk perluasan pemasaran produk.

Salah satu wujud dukungan ditunjukkan saat VP CSR SMEPP Management PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita dan Digital Business Coach and Mentor MicroMentor Indonesia Warhol Interactive Agency Husin Wijaya yang hadir sebagai narasumber sesi Strategi Digital Marketing sebagai rangkaian program pendidikan gratis #MajuBarengTikTok, Kamis (3/6).

Dalam paparannya, Arya mengatakan bahwa pemahaman literasi digital yang baik tidak hanya memberi dampak positif bagi pelaku UMKM itu sendiri, namun juga kepada negara.


"Pertamina melalui Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) memfokuskan peningkatan literasi digital melalui program pembinaan UMK Academy dengan mengusung kurikulum Go Digital dan Go Online," ujar Arya.

Dia menambahkan, saat ini Pertamina memiliki platform e-learning yang bisa diakses oleh seluruh UMK binaan Pertamina melalui situs belajar www.belajarumkm-pertamina.com. Melalui platform ini, seluruh UMK binaan Pertamina dapat dengan mudah mengakses ilmu dan pengetahuan terkait kewirausahaan tanpa dipungut biaya.

Senada, Husin Wijaya menjelaskan bahwa literasi digital yang baik akan mempermudah pelaku UMKM menjangkau pasar sesuai target dengan social selling 4C, yaitu konten, pelanggan, hubungan, dan komunitas.

"Konten yang menarik lewat social media dapat membuat seseorang melihat produk yang sedang dipasarkan. Dimana konten berisi tujuan kita yaitu memasarkan produk," ungkap Husin.

Lebih lanjut Husin memberi contoh seperti pemilik UMKM Alminana Aneka Bumbu yang dimiliki Aminah An. Mitra binaan Pertamina itu sukses bertransformasi, dari menggunakan cara pemasaran tradisional menjadi go digital. Setiap bulan, Aminah mendapatkan omzet mendekati Rp50 juta.

Sementara itu, Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi melalui Program Pendanaan UMK, baik energi yang menjadi bahan bakar, maupun energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan.

"Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab lingkungan dan sosial, demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat," tutur Fajriyah.

(rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK