Penjualan Eceran April Tumbuh 17,3 Persen Efek Diskon Lebaran

cnn, CNN Indonesia | Kamis, 10/06/2021 10:47 WIB
Hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) Bank Indonesia (BI) menunjukkan peningkatan kinerja penjualan eceran secara bulanan pada April 2021. Hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) Bank Indonesia (BI) menunjukkan peningkatan kinerja penjualan eceran secara bulanan pada April 2021.(CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) Bank Indonesia (BI) menunjukkan peningkatan kinerja penjualan eceran secara bulanan pada April 2021.

Untuk Indeks Penjualan Riil (IPR) Maret 2021, terjadi pertumbuhan sebesar 17,3 persen secara month-to-month(mtm) atau meningkat dari bulan sebelumnya yang tumbuh 6,1 persen

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyebut para responden menyampaikan kalau peningkatan penjualan eceran sejalan dengan permintaan masyarakat yang menguat menjelang Ramadan. Selain itu, juga didukung berbagai program potongan harga atau diskon.


"Peningkatan penjualan terjadi pada mayoritas kelompok komoditas yang disurvei, terutama Subkelompok Sandang, Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau serta Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor," jelasnya lewat rilis, Kamis (10/6).

Dari sisi harga, responden survei memprediksi tekanan inflasi pada 3 dan 6 bulan mendatang atau Juni dan September 2021 diprakirakan menurun.

Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang pada Juli dinyatakan sebesar 142,4 atau meningkat tipis dari bulan sebelumnya sebesar 141,4.

Sementara itu, IEH 6 bulan yang akan datang (Oktober) sebesar 134,0, lebih rendah dari 134,9 pada bulan sebelumnya. Ini dipengaruhi oleh distribusi barang yang lancar dan pasokan yang cukup.

[Gambas:Video CNN]



(age/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK