Jokowi Ingin Tol Semarang-Demak Pangkas Kemacetan

CNN Indonesia | Jumat, 11/06/2021 17:15 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Jalan Tol Semarang-Demak dapat mengurai kemacetan di Kaligawe dan Bandara Ahmad Yani. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Jalan Tol Semarang-Demak dapat mengurai kemacetan di Kaligawe dan Bandara Ahmad Yani. (Biro Pers).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Jalan Tol Semarang-Demak dapat mengurangi kemacetan lalu lintas di kawasan Kaligawe dan Bandara Ahmad Yani. Menurutnya, kemacetan itu sudah terjadi selama berpuluh-puluh tahun.

"Jalan tol ini diharapkan mengurangi kemacetan lalu lintas signifikan di Kaligawe dan Bandara Ahmad Yani yang berpuluh-puluh tahun, baik kendaraan besar juga di jalur ini," ungkap Jokowi ketika meninjau Tol Semarang-Demak, Jumat (11/6).

Selain itu, Jokowi juga berharap Tol Semarang-Demak seksi 1 bisa berfungsi untuk mengendalikan banjir rob. Hal ini karena ada fungsi kolam dan tanggul laut.


"Dan pengembangan yang terendam jadi kering, yang terendam semuanya kering dan bisa digunakan baik untuk kawasan industri dan pendukungnya, pusat-pusat ekonomi baru," jelas Jokowi.

Ia berharap proyek Tol Semarang-Demak bisa rampung secepatnya. Hal ini agar ekonomi di Jawa Tengah bisa terdongkrak dengan kehadiran Tol Semarang-Demak.

Jokowi mengatakan Tol Semarang-Demak terdiri dari dua seksi. Seksi pertama menghubungkan Kaligawe-Sayung sepanjang 10,39 km.

Seksi kedua menghubungkan Sayung-Demak sepanjang 16,31 km. Dengan demikian, Tol Semarang-Demak akan membentang 26,7 km.

"Seksi satu (dananya) dukungan dari pemerintah, seksi dua skema KPBU," pungkas Jokowi.

[Gambas:Video CNN]



(aud/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK