G7 Siapkan US$100 M dari IMF untuk Negara Terdampak Corona

CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 10:55 WIB
Negara G7 lainnya sedang mempertimbangkan untuk merealokasi US$100 miliar dari dana IMF untuk membantu negara-negara yang berjuang mengatasi krisis covid-19. Negara G7 lainnya sedang mempertimbangkan untuk merealokasi US$100 miliar dari dana IMF untuk membantu negara-negara yang berjuang mengatasi krisis covid-19.(CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Amerika Serikat dan negara-negara G7 lainnya sedang mempertimbangkan untuk merealokasi US$100 miliar dari dana Dana Moneter Internasional (IMF) untuk membantu negara-negara yang berjuang mengatasi krisis covid-19.

Dilansir dari Reuters, hal ini diungkap oleh Kantor Presiden AS.

Masalah ini akan dibahas ketika para pemimpin G7 membahas bagaimana membantu mengarahkan pemulihan dunia dari pandemi virus corona pada pertemuan puncak tiga hari di Cornwall, Inggris, Jumat pekan ini.


"Amerika Serikat dan mitra G7 kami secara aktif mempertimbangkan upaya global untuk melipatgandakan dampak alokasi Hak Penarikan Khusus (SDR) yang diusulkan ke negara-negara yang paling membutuhkan," kata kantor presiden AS.

Menurut mereka dengan potensi hingga US$100 miliar, upaya yang diusulkan akan lebih mendukung kebutuhan kesehatan - termasuk vaksinasi. Hal ini pun akan membantu mempromosikan pemulihan global yang lebih berkelanjutan dan inklusif.

SDR adalah aset cadangan IMF, dan dapat ditukar dengan dolar, euro, sterling, yen, dan yuan atau renminbi Tiongkok. Negara anggota dapat meminjamkan atau menyumbangkan cadangan SDR mereka ke negara lain untuk digunakan.

Amerika Serikat, yang telah menargetkan alokasi SDR untuk didistribusikan sekitar akhir musim panas.

"Kami sangat mendukung upaya untuk mendaur ulang SDR untuk lebih mendukung kebutuhan kesehatan," ujar Kantor Presiden AS.

Namun, IMF belum menanggapi rencana tersebut.

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, yang akan berbicara secara virtual dengan para pemimpin G7 akhir pekan ini mengatakan bahwa dia mengharapkan gubernur dana tersebut untuk menyetujui peningkatan SDR US$650 miliar pada pertengahan Agustus.

Pemberi pinjaman global terus mempelajari bagaimana negara-negara kaya terbaik dapat menyumbangkan atau meminjamkan cadangan mereka untuk menguntungkan negara-negara miskin. Rincian diharapkan pada awal musim gugur.

Presiden Prancis Emmanuel Macron meminta negara-negara G7 lainnya untuk menemukan kesepakatan tentang realokasi US$100 miliar SDR ke negara-negara Afrika.

[Gambas:Video CNN]



(age/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK