Elon Musk Bakal Izinkan Lagi Beli Tesla Pakai Bitcoin

cnn, CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 17:57 WIB
CEO Tesla Elon Musk akan kembali mengizinkan penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran untuk membeli Tesla. CEO Tesla Elon Musk akan kembali mengizinkan penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran untuk membeli Tesla. .(AFP/Brendan Smialowski).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendiri sekaligus CEO Tesla Elon Musk mengungkap akan kembali mengizinkan penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran untuk membeli Tesla. Namun, dengan syarat penambangan bitcoin sudah 50 persen 'lebih hijau' atau ramah lingkungan.

Dilansir dari coindesk, Musk mencetuskan hal tersebut dalam akun resmi Twitternya. Cuitan tersebut lantas membuat harga bitcoin dan uang kripto lainnya naik.

Musk menghentikan penggunaan crypto dalam pembelian Tesla yang telah berlangsung berbulan-bulan pada pertengahan Mei dengan alasan masalah lingkungan. Tetapi ketika ada konfirmasi penggunaan energi bersih yang wajar oleh para penambang dengan tren masa depan yang positif, Tesla akan kembali mengizinkan transaksi Bitcoin.


Tidak jelas bagaimana Musk akan memeriksa fakta penggunaan energi bersih para penambang karena ada perdebatan luas tentang industri tersebut. Namun, komentar tersebut memberikan tolok ukur pertama untuk mengembalikan pembayaran bitcoin di Tesla.

Tweet Musk juga menegaskan kembali walau Tesla telah menjual 10 persen dari simpanan bitcoin mereka, tampaknya perusahaan tidak akan melanjutkan penjualan sisanya.

Tweet Musk mungkin menjadi pendorong harga bitcoin yang mulai naik tajam. Tercatat harga bitcoin melonjak 11,88 persen menuju level US$39,56 ribu. Sementara uang kripto lainnya pun mulai naik tipis.

Hanya uang kripto tether yang terpantau anjlok hingga 98 persen menjadi US$0,0151.

[Gambas:Video CNN]



(age/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK