5 Jenis Usaha yang Cocok untuk Pemula

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 18/06/2021 11:43 WIB
Dari banyaknya pilihan ide, menemukan satu usaha yang tepat dan konsisten perlu melewati pertimbangan matang. Berikut rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula. Dari banyaknya pilihan ide, menemukan satu usaha yang tepat dan konsisten perlu melewati pertimbangan matang. Berikut rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula. (Ilustrasi Foto: Dok. Dubai Tourism)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memiliki bisnis atau usaha merupakan alternatif mendapatkan penghasilan tambahan. Jika beruntung, bisa jadi nilainya lebih besar ketimbang pendapatan bulanan dari pekerjaan.

Selain itu, memiliki usaha menjadikan diri Anda sebagai bos atau pencipta lapangan kerja. Kesulitan terbesar mengawali sebuah usaha adalah memikirkan jenis usaha yang cocok untuk dilakoni.

Dari banyaknya pilihan ide bisnis, menemukan satu usaha yang tepat dan konsisten menjalankannya adalah hal yang perlu dipertimbangkan masak-masak.


Jika Anda masih ragu, berikut ada rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula bahkan bisa dilakukan oleh mahasiswa, dengan pertimbangan modal minim namun tetap perlu ketekunan menjalankannya.

1. Online Dropshipper

Ilustrasi Menggunakan LaptopDropshipper bisa jadi rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula (Foto: janeb13/Pixabay)

Menjadi dropshipper berbeda dengan menjadi reseller. Dropshipper merupakan cara usaha dengan meneruskan produk dari pemilik produk atau supplier untuk dikirim secara langsung ke pelanggan dengan nama toko online Anda sebagai pengirimnya.

Modal dari usaha ini hanyalah kuota internet. Foto produk telah disiapkan oleh pemilik produk bahkan penjual tertentu membantu Anda dalam memasarkan produknya.


2. Laundri Sepatu

Sepatu Chuck Taylor 2.0 yang mendapat perubahan di sol sepatu agar lebih nyaman.Membuka bisnis laundri sepatu bisa jadi rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula (Ilustrasi Foto: Dok. Converse)

Anda bisa mengenal beragam bahan sepatu dan mempelajari cara membersihkannya sebelum membuka usaha laundri. Kemudian membeli beberapa peralatan pembersih sepatu dengan harga yang masih terjangkau.

Prospek dan peluang bisnis ini sebenarnya cukup besar mengingat kompetitor yang ada tidak begitu banyak.

Di sisi lain, demand atau permintaan jasa membersihkan sepatu tidak sedikit, terlebih saat ini banyak penggemar sepatu-sepatu mahal yang menginginkan sepatunya terawat dengan baik.

Pada beberapa kasus, membuka usaha laundri sepatu pun tidak memerlukan modal yang sangat mahal. Pemula bisa berbekal uang sekitar Rp3-5 juta rupiah saja.


3. Jasa Titip Beli

Cropped image of handsome guy with shopping bags doing shopping in the mallMenawarkan jastip bisa jadi rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula (Ilustrasi Foto: Istockphoto/George Rudy)

Usaha ini sempat marak tahun lalu. Jastip atau jasa titip merupakan usaha yang menawarkan pembelian barang pesanan tertentu. Anda dapat meraup untung dari margin harga barang titipan per itemnya maupun biaya ongkos kirim yang dikenakan.

Anda bisa memanfaatkan usaha jenis ini saat sedang berlibur semisal ke luar negeri atau bahkan hanya mal. Cukup bermodalkan kuota internet untuk mengunggah foto produk yang akan dipasarkan ke media sosial.


4. Pekerja Lepas

ilustrasi orang tua dan anakRagam profesi sebagai pekerja lepas bisa jadi rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula (Ilustrasi Foto: Istockphoto/ Damircudic)

Usaha jenis ini dapat menjadi pekerjaan sampingan namun tetap membutuhkan keterampilan tertentu. Asyiknya lagi, usaha ini tidak terikat waktu dan dapat bersamaan dilakukan dengan pekerjaan lainnya.

Umumnya usaha pekerja lepas yang bisa dicoba adalah copywriter, penerjemah, desain grafis, fotografer, tutor privat, guru musik, instruktur senam, usaha kue, keripik, atau katering, dan sebagainya.


5. Content Creator

Ilustrasi Youtube. Jakarta, Rabu, 21 April 2021.Menjadi content creator adalah rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Menjadi content creator seperti YouTuber tengah digandrungi kaum milenial, bahkan menjadi profesi utama mata pencaharian. Anda bisa menggunakan ponsel pintar selama ponsel tersebut memiliki kamera, kuota internet, dan media sosial sebagai wadah pemasaran.

Tantangan dari usaha jenis ini adalah konsep konten. Anda bisa membuat konten berdasarkan kegemaran atau keterampilan yang dimiliki. Kunci menjalankannya adalah ketelatenan untuk terus meningkatkan kualitas video yang diproduksi.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK