Kerja dari Magelang, Sandi Cek Kesiapan 5 Wisata DSP

Kemenparekraf, CNN Indonesia | Senin, 21/06/2021 19:24 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno pekan ini bekerja dari Magelang dengan tujuan untuk mengecek kesiapan lima destinasi super prioritas (DSP). Menparekraf Sandiaga Uno pekan ini bekerja dari Magelang dengan tujuan untuk mengecek kesiapan lima destinasi super prioritas (DSP). (Arsip Kemenparekraf).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno memutuskan untuk bekerja dari Magelang, Jawa Tengah pada pekan ini. Dia Work From Magelang terkait dengan lima destinasi super prioritas (DSP).

Sandi mengatakan, bekerja dari Magelang ini membuktikan bahwa adaptasi dan inovasi menjadi kunci untuk tetap berkarya di tengah keterbatasan imbas pandemi Covid-19. Termasuk untuk membangkitkan dan memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Di mana pariwisata dan ekonomi kreatif ini harus dipaksa oleh Covid-19 untuk meningkatkan inovasi dan adaptasi," ungkap Sandiaga Uno pada Senin (21/6).


Merujuk hal tersebut, dirinya mengimbau kepada para pelaku parekraf harus meningkatkan keterampilan digitalisasi maupun adaptasi dan adopsi teknologi digital.

Bersamaan dengan itu, penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin dalam bingkai Cleanliness, Health, Safety dan Environmental Sustainability (CHSE) harus terus ditingkatkan.

"Saat sekarang pemerintah harus betul-betul peka terhadap kebutuhan masyarakat dengan program-program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu," ungkap Sandi.

"Oleh karena itu, saya juga ingin mengingatkan kita semua agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini berbenah dan menghadirkan suatu keberadilan, yaitu sektor yang tetap mempertahankan lapangan kerja dan geliat usahanya," tambahnya.

Apalagi lanjutnya, Kota Magelang diketahui merupakan bagian dari destinasi super prioritas Candi Borobudur.

Oleh karena itu, dia harus memastikan betul kesiapannya sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Tak hanya hanya dari segi infrastruktur, tapi juga dari segi kegiatan yang mengacu terhadap protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

"Di saat angka Covid-19 di Ibu Kota dan beberapa daerah lainnya meningkatkan, kita harus 'eling lan waspodo', kita harus terus tingkatkan kewaspadaan kita. Magelang memang tidak masuk ke dalam zona merah, tapi kita harus hati-hati," paparnya.

Vaksinasi Bagi Wisatawan

Tak hanya kesiapan destinasi wisata, termasuk vaksinasi bagi para pelaku parekraf, Sandiaga Uno pun berharap agar seluruh wisatawan yang berkunjung hendak berkunjung ke lima destinasi super prioritas sudah divaksin.

Dia pun mendorong percepatan vaksinasi bagi para wisatawan, termasuk menghadirkan sentra-sentra vaksinasi di beberapa tempat yang aksesibilitasnya tinggi, seperti bandara dan terminal.

Sandiaga Uno pun berharap agar vaksinasi covid-19 dapat menjadi pra syarat bagi wisatawan yang hendak bepergian.

"Karena data yang kami dapatkan dari pengelola Wisma Atlet Kemayoran, bahwa dari 84 persen pasien yang baru dirawat untuk isolasi adalah yang belum disuntik vaksin, baik dosis pertama maupun belum mendaftar program vaksinasi," ungkap Sandi.

"Program vaksinasi untuk 18 tahun ke atas ini sangat penting untuk kita hadirkan agar kebangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif serta kepulihan ekonomi dapat segera kita wujudkan," paparnya.

"Harapannya, ekonomi bergerak, lapangan kerja bisa kita pertahankan dan kita bisa ambil peluang untuk mencetak pemenang di tengah pandemi dan pasca pandemi," tutupnya berharap.

(osc)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK