Syaftraco Buka Suara Soal Viral Transfer Dana 'Nyasar'

CNN Indonesia | Selasa, 22/06/2021 21:03 WIB
PT Syaftraco buka suara terkait dengan viral nasabah BNI bernama Indira Tendi yang tiba-tiba mendapatkan kiriman dana sebesar Rp1.511.000. PT Syaftraco buka suara terkait dengan viral nasabah BNI bernama Indira Tendi yang tiba-tiba mendapatkan kiriman dana sebesar Rp1.511.000.(CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Syaftraco buka suara terkait dengan viral nasabah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI bernama Indira Tendi yang tiba-tiba mendapatkan kiriman dana sebesar Rp1.511.000. Perusahaan mengatakan sudah berkomunikasi dengan Indira.

Direktur PT Syaftraco Mikiko Steven menjelaskan pihaknya bukanlah perusahaan pinjol. Perusahaan hanya bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang memiliki izin dari regulator yang berwenang.

"Kami ingin sampaikan bahwa Syaftraco adalah perusahaan transfer dana yang beroperasi di bawah izin penyelenggara transfer dana dari Bank Indonesia nomor 11/5/DASP/2," ujar Mikiko dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (22/6).


Mikiko mengatakan kiriman dana sebesar Rp1.511.000 yang masuk ke rekening Indira adalah dari perusahaan remitansi. Kebetulan, perusahaan itu adalah mitra kerja dari Syaftraco.

"Kami ingin mengklarifikasi bahwa transaksi tersebut bukan dari pinjol, melainkan dari perusahaan remitansi yang juga merupakan mitra kami berdasarkan permintaan konsumen mereka," jelasnya.

Sebelumnya, pemilik akun Twitter @indiratendi mengaku tiba-tiba mendapatkan kiriman dana sebesar Rp1.511.000 dari Syaftraco. Dia menduga Syaftraco meneruskan transfer dana dari perusahaan pinjol ilegal.

Dugaan ini berasal dari penelusurannya di internet yang kemudian dibagikannya melalui cuitan di akun Twitter pribadinya, @indiratendi pada 20 Juni 2021. Transfer dana ditemukannya saat tengah mengakses mobile banking BNI untuk membeli token listrik bagi ibunya.

"Halo @BNI saya tiba-tiba ditransfer uang Rp 1.511.000 dari Syaftraco. Setelah googling ternyata ini pinjaman online padahal saya ga pernah apply pinjaman apa-apa. Gimana ya? Apa uangnya bisa dikembalikan?" tulis Indira melalui cuitannya.

Masalahnya, ia yakin betul tidak pernah meminjam dana ke pinjol mana pun. Bahkan, pengajuan peminjaman pun tidak pernah dilakukan. Lalu, forum skda.co.id menunjukkan banyak orang yang mengaku tiba-tiba mendapat transfer dari Syaftraco.

Indira pun akhirnya mencoba menghubungi Syaftraco. Dari hasil komunikasinya, perusahaan dikabarnya sudah memberi penjelasan mengenai transfer dana tersebut.

Menurutnya, kemungkinan ada pihak dari luar negeri yang mengirimkan donasi kepadanya. Dugaan lain, terjadi salah transfer dana.

[Gambas:Video CNN]



(aud/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK