Menperin Buka Suara soal Kelangkaan Oksigen untuk Rumah Sakit

CNN Indonesia | Rabu, 23/06/2021 19:27 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang telah berbicara dengan asosiasi untuk memastikan pasokan gas oksigen medis di rumah sakit yang menangani pasien covid-19. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang telah berbicara dengan asosiasi untuk memastikan pasokan gas oksigen medis di rumah sakit yang menangani pasien covid-19.(CNNIndonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang telah berbicara dengan Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII) untuk memastikan pasokan gas oksigen medis di rumah sakit yang menangani pasien covid-19. Hal ini merespons kelangkaan oksigen beberapa waktu terakhir di tengah lonjakan kasus covid-19.

"Saya sudah berkoordinasi dengan asosiasi dan mereka berkomitmen untuk tetap menjaga pasokan oksigen ke rumah sakit di tengah naiknya kebutuhan akibat kenaikan kasus covid-19," ungkap Agus kepada CNNIndonesia.com, Rabu (23/6).

Agus mengatakan pihaknya juga membahas terkait pasokan oksigen yang terbatas di rumah sakit di Jawa Tengah. Menurutnya, asosiasi akan memasok oksigen dari pabrik yang ada di Jawa Barat dan Jawa Timur.


"Kami akan terus memastikan semua rumah sakit kebutuhan oksigen terpenuhi dan sudah disanggupi oleh asosiasi," terang Agus.

Sebelumnya, Sekretaris Persatuan Rumah Sakit Indonesia (Persi) Lia Gardenia Partakusuma menerima laporan kekurangan tabung oksigen untuk pasien positif virus corona di Jawa Tengah.

"Saat ini kami mendapat laporan kekurangan tabung oksigen ini di Jawa Tengah. Mengenai oksigen ini (pernah) terjadi pada Desember-Januari di NTT saat oksigen tidak ada," kata Lia dalam konferensi pers virtual akhir pekan lalu.

Lia meminta rumah sakit hingga dinas kesehatan masing-masing kabupaten/kota hingga provinsi mengatur distribusi tabung oksigen agar tak terjadi kekurangan di daerah lain.

[Gambas:Video CNN]



(aud/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK