Warren Buffett Mundur dari Bill & Melinda Gates Foundation

CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 09:58 WIB
Konglomerat Warren Buffet mengundurkan diri sebagai wali dari Bill & Melinda Gates Foundation pada Rabu (23/6). Konglomerat Warren Buffet mengundurkan diri sebagai wali dari Bill and Melinda Gates Foundation pada Rabu (23/6). Ilustrasi. (AFP/JOHANNES EISELE).
Jakarta, CNN Indonesia --

Investor miliarder Warren Buffett mengundurkan diri sebagai wali di Gates Foundation, yayasan amal yang didirikan oleh orang terkaya ke-4 dunia, Bill Gates bersama mantan istrinya, Melinda. Pengumuman mundur diberikan pada Rabu (23/6).

"Tujuan saya 100 persen sinkron dengan yayasan, dan partisipasi fisik saya sama sekali tidak diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan ini," ungkap Buffett dalam pengunduran dirinya seperti dilansir dari CNN Business.

Kendati begitu, Buffett tidak memberi alasan lain mengapa mengundurkan diri dari yayasan amal milik Bill Gates, sahabatnya. Pengumuman kemunduran Buffett ini muncul sekitar sebulan setelah Bill dan Melinda mengumumkan perceraian mereka.


Kabarnya, saat ini Buffett juga tidak mencatatkan diri sebagai dewan perusahaan di mana pun selain Berkshire Hathaway. Buffett merupakan komisaris, direktur utama, sekaligus pemegang saham terbesar di perusahaan tersebut.

Sebagai informasi, Gates Foundation berdiri sejak 2000. Yayasan ini didanai oleh kekayaan pribadi dari pasangan Bill dan Melinda Gates serta beberapa kolega mereka, termasuk Buffett.

Sejak 2000, Gates Foundation telah memberikan donasi mencapai US$54 miliar atau setara Rp777,6 triliun untuk kesehatan global, pengentasan kemiskinan, dan belum lama ini untuk peluncuran vaksin virus corona atau covid-19.

Kendati Bill dan Melinda Gates bercerai, manajemen yayasan memastikan keretakan hubungan mereka tidak berdampak pada Gates Foundation.

[Gambas:Video CNN]



(uli/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK