Pengusaha Jateng: PPKM Darurat Adalah Jamu Pahit, Tapi Sehat

CNN Indonesia | Jumat, 02/07/2021 13:43 WIB
Kadin Jateng menganggap PPKM darurat yang diberlakukan pemerintah pada 3 Juli-20 Juli sebagai jamu pahit yang harus diminum supaya ekonomi sehat lagi. Kadin Jateng menilai PPKM darurat yang diberlakukan pemerintah demi menekan penyebaran corona pada 3 Juli-20 Juli sebagai jamu pahit yang menyembuhkan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Damar Sinuko).
Semarang, CNN Indonesia --

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah mengibaratkan pemberlakuan PPKM darurat sebagai jamu pahit yang harus diminum supaya bisa menyembuhkan ekonomi, khusus sektor usaha kecil dan menengah.

Ketua KADIN Jawa Tengah Kukrit Suryo Wicaksono mengatakan jamu pahit itu harus diminum supaya bisa cepat sembuh.

"PPKM darurat itu saya menganggapnya jamu. Jamu pahit yang jadi obat penyakit kita. Jadi kalau kita ingin sembuh, mau tidak mau, harus dipaksa meminumnya. Ini harus kita terima dengan lapang dada kalau mau cepat sehat," kata Kukrit di kantornya, Jumat (2/7).


Karena khasiat itu, Kukrit mengatakan kalangan pengusaha dan industri kelas atas tak berkeberatan dengan kebijakan PPKM darurat. Pengusaha berharap kebijakan itu bisa menekan penyebaran virus corona sehingga ekonomi berjalan normal kembali.

Pihaknya tak menampik kebijakan itu membuat sektor usaha kelas menengah ke bawah menjerit karena harus memutar otak kembali untuk dapat mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Di sini kita harus obyektif melihatnya. Yang kelas atas seperti kami-kami yang di KADIN ini pastinya dapat menerima karena ingin cepat pulih usahanya. Kesehatan yang terpenting. Tapi kita lihat yang di bawah sana, pastinya menjerit karena bingung untuk hidup kesehariannya dari mana. Mereka pastinya menjadikan kesehatan itu nomer dua", terang Kukrit.

Untuk itu, Kukrit berharap para pengusaha kelas atas di Jawa Tengah ikut bergerak mendukung pemerintah dengan melakukan aksi sosial kepada masyarakat selama masa PPKM darurat demi meringankan beban mereka.

"Jadi sekarang yang terpenting kita harus bergerak bersama. Dukung penuh pemerintah, kasihan, sudah berupaya maksimal untuk lepas dari pandemi. Ayo kita bantu masyarakat, aksi sosial sebanyak-banyaknya untuk warga yang terdampak dan membutuhkan", ujar Kukrit.

[Gambas:Video CNN]



(dmr/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK