Telkom Siap Akuisisi Startup Potensial

CNN Indonesia | Kamis, 08/07/2021 10:23 WIB
Telkom siap mengakuisisi perusahaan rintisan (startup), khususnya yang berpotensi memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Telkom siap mengakuisisi startup yang berpotensi memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Ilustrasi. (Telkom).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Telkom Indonesia (Persero) mengaku siap mengakuisisi perusahaan rintisan (startup), khususnya yang berpotensi memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

"Telkom terbuka untuk berinvestasi atau semacamnya, apakah itu akuisisi terhadap perusahaan startup atau pihak-pihak yang memang dapat menambah value added Telkom," ungkap Direktur Digital Business Telkom Indonesia Muhamad Fajrin Rasyid dalam Telkom Talks-Akselerasi Digital untuk Kemajuan Bangsa Indonesia, Selasa (6/7).

Ia mengatakan pihaknya baru-baru ini berinvestasi di Gojek. Investasi itu dilakukan oleh anak usaha mereka, Telkomsel.


Selain itu, Telkom Indonesia memiliki venture capital bernama MDI Ventures. Fajrin mengatakan perusahaan itu sudah cukup banyak menanamkan dana di sejumlah startup.

"Kami juga ada venture capital, MDI yang banyak berinvestasi di startup dalam dua sampai tiga tahun terakhir," ucap Fajrin.

Sebagai informasi, Telkomsel menyuntikkan dana sebesar US$150 juta ke Gojek pada November 2020 lalu. Dana itu setara dengan Rp2,16 triliun (kurs Rp14.400 per dolar AS).

Lalu, Telkomsel menambahkan investasi ke Gojek sebesar US$300 juta. Jika dikonversi ke rupiah, artinya ada tambahan sebesar Rp4,3 triliun.

Dengan demikian, total dana yang diinvestasikan ke Gojek mencapai US$450 juta atau Rp6,48 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(aud/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK