Menteri PUPR Sebut 6 Lantai RSCM Jadi RS Khusus Covid-19

CNN Indonesia | Senin, 12/07/2021 20:11 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memperkirakan pengubahan fungsi Paviliun Kirana RSCM menjadi rumah sakit khusus covid-19 perlu waktu paling lama tiga minggu. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memperkirakan pengubahan fungsi Paviliun Kirana RSCM menjadi rumah sakit khusus covid-19 perlu waktu paling lama tiga minggu. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah akan menggunakan beberapa lantai di Paviliun Kirana RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) sebagai rumah sakit khusus covid-19. Total yang disiapkan sebanyak 390 tempat tidur di lantai 3-5 dan 8-10.

"Ini agak berat karena ini memang sudah rumah sakit yang belum selesai sejak 2011 dan masih banyak kekurangan," ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam konferensi pers, Senin (12/7).

Basuki mengatakan pihaknya membutuhkan waktu paling lama tiga minggu untuk mengubah fungsi Paviliun Kirana menjadi rumah sakit khusus covid-19. Ia akan mengecek prosesnya secara berkala.


"Siang ini kami bersama direktur RSCM akan bertemu dan melakukan finalisasi desain karena ini tadinya rumah sakit anak dan kami desain menjadi rumah sakit covid-19," ujar Basuki.

Selain itu, pemerintah juga mengubah fungsi asrama haji di Pondok Gede menjadi rumah sakit khusus covid-19. Jumlah yang disediakan sebanyak lima gedung dengan 774 tempat tidur.

"Gedung A sudah mulai beroperasi sejak Sabtu 10 Juli 2021 dan sudah ada 40 paisen. Gedung B selesai hari ini, gedung C dan A akan selesai dan siap dioperasikan besok," kata Basuki.

Namun, pemerintah masih harus merenovasi gedung D5 terlebih dahulu. Basuki memprediksi gedung itu baru siap beroperasi pada Kamis (15/7).

Lalu, pemerintah juga mengubah rumah susun Pasar Rumput menjadi rumah sakit khusus covid-19. Menurut Basuki, ada tiga tower yang disiapkan untuk menangani pasien yang terpapar wabah tersebut.

"Tower 1 sudah siap dioperasikan, kemudian untuk tower 2 dan 3 sudah siap prasarana nya. Pagi tadi mulai masuk tempat tidur dan alat kesehatannya," ujar pungkas Basuki.

[Gambas:Video CNN]



(aud/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK