Pertamina Siagakan 20 Ton Oksigen di Asrama Haji Pondok Gede

CNN Indonesia | Rabu, 14/07/2021 18:16 WIB
Pertamina menyiagakan tangki oksigen 20 ton di Asrama Haji Pondok Gede demi memenuhi kebutuhan pasien covid yang dirawat di tempat itu. Pertamina menyiagakan tangki oksigen 20 ton di Asrama Haji Pondok Gede demi memenuhi kebutuhan pasien covid yang dirawat di tempat itu. Ilustrasi. CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Pertamina (Persero) menyiagakan satu tangki ISO oksigen berkapasitas 20 ton di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur. Itu dilakukan pasca pemerintah menetapkan tempat itu menjadi rumah sakit darurat untuk menampung pasien covid-19 bergejala ringan dan sedang.

Pjs Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan tangki itu berfungsi sebagai penyimpan oksigen untuk memenuhi kebutuhan medis pasien covid-19.

"Bagi Pertamina, peran mengelola energi nasional memang menjadi tugas utama yang wajib dilaksanakan dengan baik. Namun sebagai BUMN, kami juga memiliki tanggung jawab sosial yang besar bagi bangsa dan negara," katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu (14/7).


Selain ke Asrama Haji Pondok Gede, dia menjelaskan Pertamina juga menyalurkan bantuan oksigen untuk memenuhi kebutuhan medis pasien covid. Menurutnya, hingga saat ini grup Pertamina sudah menyalurkan 400 ton oksigen ke rumah sakit di wilayah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta hingga Jawa Timur.

Sebagai informasi, Rumah Sakit Darurat Covid-19 Asrama Haji dikelola Kementerian Kesehatan dan Kementerian BUMN melalui PT Pertamedika-IHC. Pihaknya memperkirakan rumah sakit itu memerlukan 26 ribu meter kubik oksigen per hari.

"Pertamina terus berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait lokasi penyaluran ISO tank ke rumah sakit yang membutuhkan," kata Fajriyah.

[Gambas:Video CNN]



(agt/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK