3 Juta Vaksin Covid untuk Gotong Royong Akan Tiba Pekan Ini

CNN Indonesia | Minggu, 25/07/2021 14:25 WIB
Kadin berharap 3 juta dosis vaksin covid-19 untuk program gotong royong akan tiba pekan ini. Kadin berharap 3 juta dosis vaksin covid-19 untuk program gotong royong akan tiba pekan ini. (AP/Darko Vojinovic).
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid menyebut sebanyak 3 juta dosis vaksin covid-19 akan masuk ke Indonesia. Jutaan vaksin itu akan digunakan khusus untuk program vaksinasi gotong royong.

"Harapannya minggu ini sampai 3 juta vaksin gotong royong yang akan masuk ke Indonesia," tutur Arsjad dalam Acara Deklarasi Melawan Covid-19, Minggu (25/7).

Diketahui, merek vaksin yang digunakan untuk program gotong royong adalah Sinopharm. Merek ini berbeda dengan program vaksinasi gratis pemerintah yang terdiri dari Sinovac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Novavax.


"Program vaksin gotong royong berbeda dengan vaksin pemerintah. Ini pesanan terpisah meski dilaksanakan dengan pihak yang ditunjuk oleh pemerintah, yakni BUMN," ujar Arsjad.

Ia mengakui sempat ada kendala pasokan vaksin gotong royong. Menurutnya, ada keterlambatan pengiriman dari negara asal, sehingga pasokan yang ada di dalam negeri terbatas.

"Salah satu kendala produsennya itu agak lambat memberikan pasokan ke kami, khususnya vaksin gotong royong itu sendiri," jelas Arsjad.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Kimia Farma (Persero) Tbk Verdi Budidarmo mengungkapkan vaksin Sinopharm tiba di Indonesia sebanyak 1,18 juta dosis pada Senin (19/7) lalu. Dengan demikian, total ketersediaan vaksin Sinopharm sebanyak 5,5 juta dosis.

Verdi menyebut kedatangan itu merupakan tahap kelima pengiriman vaksin Sinopharm untuk program vaksinasi gotong royong.

"Saat ini, sudah tiba (total) sebanyak 5,5 juta vaksin Sinopharm. Ini adalah bagian dari kontrak pasokan vaksin antara Kimia Farma dengan Sinopharm sebesar 15 juta dosis vaksin untuk kebutuhan vaksinasi gotong royong," ungkap Verdi.

[Gambas:Video CNN]

Vaksinasi Massal

Sementara, Arsjad mengatakan Kadin Indonesia sedang menggelar vaksinasi covid-19 gratis selama tiga hari, yakni 24 Juli-26 Juli 2021. Kadin menargetkan 15 ribu peserta mengikuti vaksinasi gratis ini.

"Kami ingin Kadin dengan negara, gotong royong perang melawan pandemi. Jadi, kami harus bantu vaksinasi lewat gotong royong dan bantu vaksin yang diberikan pemerintah secara gratis," ucap Arsjad.

Hal ini diperlukan untuk mempercepat pembentukan kekebalan kelompok (herd immunity) di Indonesia. Pasalnya, sektor kesehatan akan menjadi penentu proses pemulihan ekonomi di dalam negeri.

"Kinerja dunia usaha turut ditentukan oleh kuatnya aspek kesehatan. Oleh karenanya, kami berpartisipasi dalam penanganan pandemi ini," pungkas Arsjad.

Dalam kesempatan yang sama, Arsjad melakukan deklarasi bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono untuk melawan pandemi covid-19.

Mereka berkomitmen untuk selalu mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan dan vaksinasi untuk mengakhiri pandemi ini.

(aud/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK