Beda Operasional Mal di Wilayah PPKM Level 3 dan 4

CNN Indonesia | Senin, 26/07/2021 11:37 WIB
Pemerintah memperpanjang penerapan PPKM hingga 2 Agustus 2021. Terdapat perbedaan operasional mal di wilayah PPKM Level 3 dan 4. Pemerintah memperpanjang penerapan PPKM hingga 2 Agustus 2021. Terdapat perbedaan operasional mal di wilayah PPKM Level 3 dan 4. Ilustrasi. (dok. CNNIndonesia/ Wella Andany).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM level 4 dan 3 di Pulau Jawa dan Bali hingga 2 Agustus 2021. Hal ini merupakan perpanjangan kedua yang dilakukan pemerintah.

Semula, pemerintah menerapkan PPKM Darurat 3-20 Juli di Jawa Bali, dan 12-20 Juli di luar Jawa-Bali. Kemudian diperpanjang dengan istilah PPKM Level 4 pada 20-25 Juli, dan kini PPKM level 4 resmi diperpanjang lagi oleh pemerintah.

Peraturan dan ketentuan PPKM Level 4 dan 3 di Jawa Bali tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24 Tahun 2021 yang ditandatangani Mendagri M Tito Karnavian pada 25 Juli lalu.


Dalam aturan tersebut tertulis bahwa kegiatan di pusat perbelanjaan atau mal tetap ditutup untuk yang berada di wilayah yang menerapkan PPKM level 4. Hal ini sama seperti aturan sebelumnya.

"Kegiatan pada pusat perbelanjaan atau mal ditutup sementara kecuali akses untuk pegawai toko yang melayani penjualan online," tulis aturan tersebut, dikutip Senin (26/7).

Namun, jumlah karyawan yang bekerja di masing-masing toko, restoran, atau supermarket hanya tiga orang. Selain itu, operasionalnya harus tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara, mal yang berada di wilayah PPKM level 3 diizinkan untuk beroperasi. Hanya saja, kapasitas maksimal ditentukan sebesar 25 persen dan jam operasional sampai 17.00 waktu setempat.

Dengan demikian, pengelola mal yang berada di wilayah PPKM level 3 sedikit mendapatkan kelonggaran hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

[Gambas:Video CNN]



(aud/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK