5 Cara Menghindari Modus Skimming ATM

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 28/07/2021 14:30 WIB
Simak tips cara hindari skimming ATM agar tak menjadi korban kejahatan selanjutnya dan uang yang tersimpan di rekening bank tak raib. Simak tips cara hindari skimming ATM agar tak menjadi korban kejahatan selanjutnya dan uang yang tersimpan di rekening bank tak raib. (Foto: iStockphoto/eriyalim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kejahatan skimming ATM pernah marak beberapa waktu lalu di berbagai daerah di Indonesia. Skimming ATM adalah salah satu modus kejahatan yang paling banyak dialami nasabah bank.

Untuk itu, simak tips cara hindari skimming ATM agar uang yang tersimpan di rekening bank tak raib.

Skimming bisa dianggap sebagai aksi kriminal yang mencuri informasi dan PIN kartu debit dan kredit.


Seperti yang diketahui, penarikan tunai juga bisa dilakukan menggunakan kartu kredit dengan jumlah nominal tertentu dan terbatas.

Dalam melancarkan aksinya, para pelaku kejahatan skimming menggunakan alat khusus yang disebut skimmer.

Skimmer merupakan alat yang menyerupai bentuk mulut slot kartu mesin ATM. Sepintas terlihat sama sehingga sulit dideteksi dan dikenali.

Saat kartu masuk ke mesin ATM yang telah dipasang skimmer oleh pelaku, saat itu juga kartu ATM Anda terduplikasi informasinya secara ilegal.

Informasi terduplikasi melalui strip magnetik yang terdapat dalam alat skimmer. Pelaku juga meletakkan kamera khusus untuk merekam nomor PIN debit dan kredit yang anda ketikkan di mesin ATM.

Setelah mendapatkan informasi dan nomor PIN, maka pelaku kejahatan dapat dengan bebas menguras saldo ATM dan menggunakan kartu kredit Anda.

Korban dari kejahatan skimming seringkali tidak sadar bahwa saldonya atau limit kartu kreditnya telah digunakan oleh orang lain untuk membeli barang yang tidak digunakan.

Pada tips kali ini, CNN Indonesia akan berbagi tips cara hindari skimming ATM yang dirangkum dari berbagai sumber.

ilustrasi mesin ATMTips cara hindari skimming ATM agar uang di rekening tak raib. (Foto: iStockphoto/ilkaydede)

1. Perhatikan baik-baik kondisi mesin ATM

Sebelum memutuskan memasukkan kartu, cek terlebih dulu kondisi mesin ATM.

Melansir Forbes, pastikan mesin dalam kondisi tanpa ada selotip, bekas lem, atau banyak goresan. Jika saat memasukkan kartu, slot mesin terasa longgar, tarik kartu dan batalkan transaksi.

Jika tanpa sadar dan terlanjur memasukkan kartu pada kondisi mesin seperti yang disebutkan di atas, tutup kode PIN dengan tangan saat akan melakukan transaksi.

Tujuannya agar kamera tersembunyi yang dipasang pelaku tidak dapat melihat PIN Anda.

Anda dapat segera melakukan konsultasi dengan bank yang Anda gunakan terkait keamanan informasi dan saldo setelah bertransaksi pada mesin yang dicurigai terpasang skimmer.


2. Gunakan mesin ATM yang ramai pengunjung

Penipuan ATM lebih besar kemungkinannya terjadi di ATM yang sepi dan tanpa pengawasan.

ATM yang berada di lokasi yang tidak ramai dan sepi pengunjung memberikan ruang leluasa bagi pelaku kejahatan memasang skimmer pada mesin ATM. Apalagi jika tidak terdapat CCTV pada mesin ATM tersebut.

Lokasi dan situasi ATM yang ramai pengunjung memiliki kemungkinan lebih kecil bagi pelaku kejahatan memasang alat skimmer.

Forbes juga menyarankan agar Anda memilih melakukan transaksi pada lokasi ATM yang memiliki beberapa mesin ketimbang mesin tunggal.


Cara menghindari skimming ATM berikutnya berlanjut di halaman kedua...

Tips dan Cara Hindari Skimming ATM

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK