The Fed Tahan Suku Bunga 0-0,25 Persen pada Juli 2021

CNN Indonesia | Kamis, 29/07/2021 07:34 WIB
Bank sentral AS (The Federal Reserves/The Fed) menahan suku bunga acuan di kisaran 0-0,25 persen dalam rapat yang digelar Rabu (28/7), waktu setempat. Bank sentral AS (The Federal Reserves/The Fed) menahan suku bunga acuan di kisaran 0-0,25 persen dalam rapat yang digelar Rabu (28/7), waktu setempat. (Alex Wong/Getty Images/AFP).
Jakarta, CNN Indonesia --

Bank sentral Amerika Serikat (The Federal Reserves/The Fed) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan di kisaran 0-0,25 persen pada Rabu (28/7). Hal ini menandakan bahwa proses pemulihan ekonomi negeri Paman Sam masih berlangsung.

"Jalan ekonomi terus bergantung pada jalannya virus," ucap Gubernur The Fed Jerome Powell, dikutip dari CNN.com, Kamis (29/7).

Powell mengatakan program vaksinasi covid-19 berhasil menekan dampak pandemi terhadap ekonomi AS. Namun, ia tetap masih khawatir dengan varian covid-19 Delta yang lebih mudah menyebar.


"Tidak ada alasan mereka tidak bisa terus datang, satu lebih dari berikutnya. Kami tahu itu, tapi itu pasti hasil yang masuk akal," kata Powell.

Sejauh ini, ia memprediksi varian delta tak membuat pemerintah AS untuk memberlakukan lockdown. Hanya saja, pihak sekolah masih harus menunggu satu sampai dua bulan untuk beroperasi normal kembali.

Begitu juga dengan pencari kerja atau pengangguran, mereka harus menunggu lebih lama lagi untuk masuk ke lapangan kerja.

Lebih lanjut, Powell mengatakan The Fed membeli sekuritas treasury senilai US$80 miliar setiap bulan dan sekuritas berbasis hipotek senilai US$40 miliar.

"Komite akan terus menilai kemajuan dalam pertemuan mendatang," ucap Powell.

Ia menambahkan pihaknya akan memantau perkembangan ekonomi dan dampak dari varian delta, lapangan pekerjaan, dan upah pekerja.

[Gambas:Video CNN]



(aud/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK