Cerita Galih, Raup Untung Jualan Cemilan Khas Jabar di Shopee

Shopee, CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 20:06 WIB
Sejak 2017, Galih Ruslan, mengolah jajanan khas Jawa Barat secara instan dengan nama produk Kylafood dan lalu dipasarkan di Shopee. Sejak 2017, Galih Ruslan, mengolah jajanan khas Jawa Barat secara instan dengan nama produk Kylafood dan lalu dipasarkan di Shopee. (Arsip Shopee)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kylafood merasa kian meraup untung setelah berjualan di Shopee. Kemampuan mereka mengemas jajanan khas Jawa Barat secara instan berjodoh dengan jualan online di Shopee.

Keinginan Galih Ruslan sangat sederhana, ia ingin penikmat jajanan Jawa Barat dapat memperoleh penganan yang diinginkannya dimanapun. Keinginan itu tebersit ketika ia bersama istrinya membeli jajanan khas Jawa Barat di pinggir jalan.

Bekal keinginan inilah yang ditindaklanjuti pada 2017, ia mengolah jajanan khas Jawa Barat secara instan dengan nama produk Kylafood. Ada beragam makanan yang bisa dikemas, seperti seblak, cireng bumbu rujak, batagor, mie kocok, cimol, mie tektek, baso aci dan masih banyak lagi.


Awal usaha hanya dilakukan oleh lima karyawan, penjualannya pun sebatas media sosial dengan melayani pemesanan melalui fitur chat. Namun keuletan mampu membuat Kylafood menjadi market leader kala itu.

Galih memang tak mau main-main soal produknya, setiap karyawan mendapat pelatihan untuk pembuatan makanan untuk menjaga mutu. Hingga kini, jumlah karyawannya mencapai lebih dari 30 orang.

Selain itu ia memastikan bahan produk diperoleh dari petani secara langsung, yakni Subang. Keuletan ini yang membuat produk Kylafood terjaga.

Ketika tahun 2017, ia memutuskan untuk membuka toko di Shopee. Tetapi ia tak mau berpangku tangan setelah membuka toko ini. Tingginya permintaan tak membuat dia berpangku tangan melihat jajanannya kandas melalui Shopee.

Ia memanfaatkan seluruh fitur yang ada mulai dari Voucher Toko, Iklan, hingga rutin mengikuti flash sale dan kampanye yang dihadirkan oleh Shopee.

Shopee memberikan kemudahan dalam berbagai aspek untuk toko, mulai pengelolaan logistik dan pengiriman yang efektif serta efisien, laporan dan dasbor performa lengkap, hingga pada fitur chat, serta fitur-fitur lainnya. Galih pun merasa berbagai kegiatan usaha seperti pengiriman menjadi lebih cepat dan terstruktur, insight serta evaluasi menjadi lebih terukur dan jumlah order meningkat yang berujung pada perkembangan bisnis dari Kylafood.

Selain itu ragam program seperti rangkaian kampanye besar, mulai dari kampanye tanggal kembar, Ramadhan Sale, kampanye akhir tahun, Gratis Ongkir, dan masih banyak lagi. Rangkaian inovasi ini meningkatkan penjualan serta brand awareness Kylafood di Shopee. Terbukti, hingga saat ini, performa penjualan tertinggi Kylafood di kanal online diperoleh melalui Shopee.

ShopeeFoto: Arsip Shopee
Keberhasilannya berjualan di Shopee mengantarnya memenangkan kompetisi bisnis dan menjadi juara 1 pada acara Wirausaha Muda di Kemenpora RI 2019, serta menjadi salah satu brand yang mendapatkan dana usaha dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF) RI pada tahun 2020. (Arsip Shopee)

"Sebuah perjalanan panjang hingga kami bisa sampai di titik ini. Sejak hadir di tengah masyarakat, Kylafood berupaya berkontribusi untuk memperkenalkan jajanan khas Jawa Barat dengan cara baru yaitu dikemas secara instan agar dapat diakses oleh siapapun dari mana saja," ujar Galih.

Bergabungnya Kylafood pun disambut dengan baik oleh para pengguna setia Shopee. Hingga saat ini, Kylafood berhasil menjual lebih dari ratusan ribu produk.

Kylafood sendiri menjadi Top 10 best selling di hari puncak Ramadhan Sale 2021 untuk kategori FMCG (Fast-moving consumer goods). Performa bisnis yang lebih baik lagi tumbuh ketika Kylafood sukses mengalami peningkatan pesanan hingga 10 kali lipat pada hari puncak kampanye Big Ramadhan Sale dibandingkan dengan hari biasa. Tentunya, pencapaian yang besar dan membanggakan dari brand lokal ini patut diberikan apresiasi.

Agustus Kylafood akan memberikan penawaran terbaik yaitu Diskon s/d 70%, Flash Sale Rp 1, Diskon Kemerdekaan 8%-45%, dan Flash Sale Rp 88. Promo ini dilakukan di tengah kampanye Shopee 8.8 Supermarket Sale dan Shopee Dari Rumah.

"Kami terbantu dengan program Shopee seperti kampanye besar, fitur flash sale, voucher toko, dan masih banyak lainnya yang telah membantu memberi eksposur ke toko kami hingga akhirnya berpengaruh ke peningkatan penjualan dan perkembangan bisnis Kylafood yang signifikan," aku Galih.

(vws/vws)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK