Deretan Tempat yang Wajib Vaksin saat Dikunjungi di AS

Christine Novita Nababan | CNN Indonesia
Selasa, 03 Agu 2021 15:17 WIB
Beberapa pusat bisnis di AS mewajibkan vaksin covid-19 bagi karyawan dan pelanggan mereka mulai September 2021 nanti. Beberapa pusat bisnis di AS mewajibkan vaksin covid-19 bagi karyawan dan pelanggan mereka mulai September 2021 nanti. (AFP Photo/Don Emmert).
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa tempat bisnis di Amerika Serikat (AS) mulai menerapkan kebijakan wajib vaksin covid-19 bagi karyawan dan pelanggan yang datang berkunjung.

Kebanyakan tempat-tempat ini terletak di New York, yang sempat terpukul oleh pandemi karena penguncian wilayah (lockdown) sempat melumpuhkan bisnis di wilayah sekitar.

Berikut ini deretan tempat atau perusahaan yang menerapkan protokol kesehatan dengan kewajiban vaksin:

Equinox

Pusat kebugaran mewah di New York, Equinox mewajibkan seluruh karyawan dan anggota kelab menunjukkan bukti vaksinasi covid-19. Manajemen mengumumkan kebijakan ini pada Senin (2/8) dan resmi diberlakukan mulai September 2021.

"Bukti vaksinasi akan diintegrasikan dengan sistem, sehingga anggota kelab hanya perlu menunjukkannya satu kali," ujar juru bicara perusahaan kepada CNN Business, dilansir Selasa (3/8).

Tidak hanya kewajiban vaksinasi, karyawan dan seluruh anggota juga wajib untuk menerapkan protokol kesehatan ketat. Manajemen menuturkan kebijakan serupa akan diberlakukan di seluruh pusat kebugaran cabang Equinox di berbagai negara bagian.

SoulCycle

Studio kelas sepeda statis SoulCycle, yang juga bagian dari bisnis grup Equinox, juga menerapkan kebijakan serupa kepada karyawan dan anggota mereka.

"Tentu, ada risiko bisnis bahwa kami mungkin akan kehilangan beberapa anggota," ungkap Harvey Spevak, Managing Partner dan Executive Chairman Equinox Group.

"Tetapi, kami yakin akan terus melayani mereka yang ingin bersama kami. Akan selalu ada anggota baru yang bergabung bersama kami, karena mereka ingin pergi ke kelab atau studio kebugaran di mana mereka merasa aman dan terlindungi," lanjutnya.

Morgan Stanley

Bank investasi kakap Morgan Stanley juga menerapkan kebijakan wajib vaksin bagi karyawan dan klien mereka. Bahkan, manajemen dengan keras menegaskan staf dan klien yang belum divaksinasi dilarang memasuki kantor pusat Morgan Stanley di New York.

Kebijakan ini bahkan sudah dimulai sejak 1 Juli 2021 lalu. Kebijakan ini diterapkan setelah perusahaan mengedarkan memo yang meminta setiap staf dan klien untuk mengkonfirmasi status vaksinasi mereka.

"Anda bisa pergi ke restoran di New York City, berarti Anda juga bisa datang ke kantor, dan kami ingin Anda di kantor dengan kartu vaksin," imbuh CEO Morgan Stanley James Gorman.

Broadway

Teater Broadway yang diperkirakan akan kembali dibuka pada musim gugur nanti akan mewajibkan vaksin untuk penonton, pemain, kru dan staf yang bekerja di 41 jaringan studio mereka.

Kewajiban vaksinasi ini akan diberlakukan paling lambat pada Oktober 2021 nanti. Tidak cuma vaksin covid-19, manajemen juga mewajibkan semua pengunjung dan pekerja menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, terkecuali saat kegiatan makan dan minum.

Union Square Hospitality Group

Jaringan restoran dan bisnis acara di New York dan kota-kota besar lainnya di AS, Union Square Hospitality Group, juga akan menerapkan kewajiban vaksin mulai 7 September nanti.

Seluruh karyawan dan pelanggan yang datang akan diminta menunjukkan bukti vaksinasi covid-19.

"Belum divaksin? Anda bisa makan di tempat lain. Mereka yang bekerja juga bisa pergi dan mencari pekerjaan lain," tegas CEO Union Square Danny Meyer.

[Gambas:Video CNN]



(bir/sfr)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER