5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

CNN Indonesia
Senin, 09 Agu 2021 14:18 WIB
Tren investasi kini digemari masyarakat dari berbagai kalangan. Berikut beberapa jenis investasi yang cocok untuk pemula. Ilustrasi. Ada beberapa jenis investasi yang cocok untuk pemula dengan modal kecil. (iStockphoto/number1411)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tren investasi kini sangat digemari berbagai kalangan mulai dari remaja sampai dewasa. Ada beberapa jenis investasi yang cocok bagi pemula.

Tak seperti dulu, citra investasi yang mahal dan hanya dimonopoli para pengusaha atau karyawan berpenghasilan tinggi kini telah luntur. Beberapa investasi untuk pemula dengan modal kecil kini telah banyak ditemukan.

Edukasi bertahap dan rutin yang dilakukan berbagai sekuritas dan pemerintah tentang investasi yang mudah dan terjangkau berhasil menarik perhatian masyarakat. Terlebih, ditunjang dengan perkembangan teknologi, investasi online bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja dengan aplikasi.


Para pemula melihat investasi sebagai pendapatan tambahan dan tabungan jangka panjang khususnya di hari tua nanti. Investasi menjadi jalan bebas finansial saat usia tidak lagi produktif bekerja.

Berikut macam-macam investasi yang cocok untuk pemula, mengutip laman IDX Channel.

1. Reksadana

Karyawan melintas di dekat layar pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2019). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari Senin (2/3/2019) sore, ditutup melemah 91,46 poin atau 1,68 persen ke posisi 5.361,25. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 bergerak turun 20,21 poin atau 2,3 persen menjadi 859,33, melemah setelah pengumuman dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) positif terkena virus Covid-19 (Corona Virus Desease). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama. *** Local Caption *** Covid-19Ilustrasi. Ada beberapa jenis investasi yang cocok untuk pemula. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Reksadana merupakan investasi yang banyak dipilih oleh para pemula. Pada investasi ini, pemula tidak perlu menghabiskan waktu memandangi layar ponsel atau komputer. Investasi ini juga tidak membutuhkan keahlian khusus menghitung risiko investasi mereka.

Investasi reksadana juga paling terjangkau. Pada beberapa perusahaan sekuritas legal, Anda dapat mulai berinvestasi mulai dari Rp10 ribu. Reksadana juga jadi investasi yang cocok untuk mahasiswa.

Seperti yang diketahui investasi reksadana terbagi menjadi empat jenis. Mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham.

Seperti yang diketahui, modal yang Anda setorkan pada investasi reksadana dikelola oleh seorang manajer investasi. Manajer investasi ini akan memutarkan uang Anda ke dalam empat jenis sesuai dengan profil risiko Anda.

Reksadana mudah ditemui, Anda bahkan dapat menemukannya pada platform e-commerce ternama dan layanan transportasi ternama. Apa pun tempat reksadana yang Anda pilih, pastikan perusahaan tersebut telah memiliki reputasi baik dan dapat diandalkan.

2. Logam mulia (emas)

Logan mulia di Kantor Pegadaian Senen, Jakarta, Selasa, 28 Juli 2020. Mengutip situs Logan Mulia, harga pecahan 1 gram emas Antam pada Selasa (28/7) berada di Rp 1.022.000. Harga emas Antam ini naik Rp 25.000 per gram dari harga Senin (27/7) di Rp 997.000. Adapun harga pembelian kembali atau buyback emas Antam menjadi Rp 919.000 per gram. CNN Indonesia/Safir MakkiIlustrasi. Logam mulia menjadi salah satu jenis investasi yang cocok untuk pemula. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Investasi logam mulia juga banyak diminati oleh pemula. Logam mulia atau emas dinilai lebih mudah, fleksibel, dan memiliki nilai yang lebih pasti ketimbang reksadana atau saham. Anda dapat memiliki dengan cara mencicil atau membelinya secara tunai.

Jika mencicil, Anda bisa mendatangi langsung gerai Pegadaian atau berinvestasi melalui platform daring seperti Tokopedia. Anda dapat membeli logam mulia mulai dari ukuran terkecil 0,5 gram hingga 100 gram. Harga emas cenderung stabil dan mengalami peningkatan harga pada waktu-waktu tertentu.

Dengan demikian, investasi logam mulia atau emas cukup aman dilakukan bagi pemula. Jika berinvestasi secara rutin, tanpa terasa dan tanpa sadar, emas Anda akan semakin banyak dan dapat dijual dengan harga yang cukup baik. Untuk mengetahui harga beli dan jual per 0,5 gram, Anda dapat mengunjungi laman https://www.logammulia.com/id/harga-emas-hari-ini.

Simak macam-macam investasi yang cocok untuk pemula lainnya di halaman berikutnya...

5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER