Kemnaker Kejar BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Cair Pekan Depan

CNN Indonesia | Kamis, 05/08/2021 15:56 WIB
Kementerian Ketenagakerjaan masih mengecek data calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji Rp1 juta. Bantuan ditargetkan cair pekan depan. Kementerian Ketenagakerjaan masih mengecek data calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji Rp1 juta. Bantuan ditargetkan cair pekan depan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sedang mengupayakan agar pencairan bantuan langsung tunai (BLTsubsidi gaji atau bantuan subsidi upah (BSU) kepada buruh cair pekan depan. Saat ini, pemerintah masih mengecek data calon penerima.

"Paling rasional sepertinya (cair pekan depan)," ungkap Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (5/8).

Ia mengatakan pihaknya ingin memastikan semua data calon penerima bersih dan tidak ada kesalahan. Dengan begitu, pencairan BSU akan berjalan lancar.


"Kami ingin memastikan (data calon penerima) clean and clear," imbuh dia.

Namun, Anwar tak menjelaskan lebih lanjut tanggal berapa BSU akan dicairkan. Hal yang pasti, semua proses pencairan akan dipercepat.

"Masih terus kami kebut," katanya.

Penyaluran BSU tahun ini diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Permenaker Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji atau Upah Bagi Pekerja atau Buruh dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Pemerintah akan memberikan BSU senilai Rp500 ribu per orang untuk dua bulan secara sekaligus. Dengan demikian, total yang akan diberikan sebesar Rp1 juta.

BSU tahun ini hanya akan disalurkan melalui empat bank Himbara, yakni BRI, BNI, BTN, dan Bank Mandiri. Skema ini berbeda dengan penyaluran BSU tahun lalu yang bisa ke semua rekening bank.

Selain itu, gaji penerima BSU tahun ini ditetapkan maksimal Rp3,5 juta per bulan. Berbeda dengan batas gaji tertinggi tahun lalu yang mencapai Rp5 juta.

[Gambas:Video CNN]



 

(aud/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK